Pemkab-Jurnalis Dorong Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari mendatang, Pemkab Probolinggo menggelar media gathering di kawasan wisata Bromo. Pers pun diingatkan terlibat penguatan ekonomi kerakyatan berbasis digital.

Pers yang terus berkembang seiring pesatnya kemajuan teknologi dianggap tidak hanya sekadar memberikan informasi, kritik, dan kontrol sosial. Tetapi sebagai ajang penguat ekonomi baik skala lokal dan nasional.

Hal ini disampaikan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari melalui Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sidik Widjanarko saat media gathering di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Ada tiga poin penting peran pers pada awak jurnalistik.

Pertama, pers dianggap mampu meningkatkan stabilitas ekonomi, termasuk pengembangan produk UMKM. Juga mempromosikan perdagangan dan perindustrian.

Kedua pers diharapkan memberi solusi sehingga ekonomi kerakyatan berbasis digital segera terwujud.

Ketiga termasuk peran pers yang menjadi media publikasi wisata sehingga ekonomi dan kearifan lokal bisa dikenal luas.

“Dalam momentun HPN ini mari citptakan sinergitas media dengan pemerintah. Karena tanpa media ukuran keberhasilan kita tak banyak diketahui. Termasuk apa yang kurang, media juga diminta memberikan solusi,” ucap mantan Kepala Disporaparbud ini, Kamis (7/2/2019).

Lanjut Sidik, berkembanganya UMKM oleh insan media dibuktikan salah satunya dengan majunya batik khas Probilinggo seperti Ronggomukti. Sejak 2015 selalu dipromosika  media. Alhasil batik tersebut mampu go internasional.

Diketahui saat ini data yang dihimpun oleh Pemkab Probolinggo total UMKM berjumlah 12 ribuan. Angka ini akan terus berkembang seiring mudahnya promosi melalui ekonomi berbasis digital. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Cuaca Buruk, Nelayan Libur Melaut

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …