Gunung Bromo Lontarkan Material Vulkanik, TNBTS: Tidak Perlu Panik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Peningkatan aktifitas kegempaan yang terjadi pada Senin (11/3/2019) kemarin, menurut Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan hal yang biasa terjadi pada gunung api termasuk Gunung Bromo.

“Jadi wisatawan atau masyarakat tidak perlu panik atas aktifitas erupsi ini,” tandas Kepala TNBTS Seksi wilayah 1, Sarmin, saat dikonfirmasi pada Selasa (12/3/2019).

Sarmin menjelaskan, pihaknya tetap membuka kunjungan wisata ke kaldera Bromo, sesuai arahan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Gunung (PVMBG) pos pantau gunung Bromo. Status Gunung Bromo sejauh inu masih di level II atau waspada.

“Letupan erupsinya tergolong minim seperti tiga minggu sebelumnya, tidak ada peningkatan yang mencolok. Hanya wisatawan di himbau tetapi berhati-hati dan tidak mendekati mulut kawah dengan jarak 1 kilometer,” pintanya.

Meski terjadi erupsi, imbuh Sarmin, kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo tetap ramai. Bahkan erupsi justru menjadi momen langka bagi para wisatawan, yang berlomba-lomba mengabadikan momentum tersebut.

“Demi menjaga keselamatan kami juga sudah pasang papan himbauan, agar wisatawan dan warga sekitar tidak mendekati radius yang sudah ditetapkan oleh PVMBG,” tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, letusan dengan awan abu vulkanik pada 14.00 UTC (07.00 lokal) terjadi dengan emisi abu yang terus berlanjut. Puncak awan abu vulkanik mencapai sekitar 9.373 kaki atau 2.929 mdpl.

Berdasarkan visual abu vulkanik yang muntahan kawah bromo berwarna coklat hingga abu-abu, dengan intensitas tebal tipis. Abu vulkanik bergerak ke arah barat dan barat daya. Aktifitas kegempaan yang terekam, sebesar 0,5 – 32 milimeter, dominan 1 milimeter. (*)

 

 

Baca Juga  BPBD Kota Probolinggo Petakan Potensi Bencana di Jalur Mudik

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …