Polisi Duga Penemu Bayi di Betek Taman ‘Akting’

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Teka-teki orang tua bayi yang ditemukan terbuang di tepi hutan Dusun Tomangan, Desa Betek Taman, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, mulai terkuak. Polisi menduga, ibu kandung sang bayi adalah si penemu sendiri.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto menjelaskan, dari penyelidikan yang dilakukan penyidik selama 2 hari, pelaku pembuangan bayi mengarah kepada si penemu, yakni Ruwaidah (45)  warga Dusun Tomangan, Desa Betek Taman. Ruwaidah ‘akting’ seolah-olah ia menemukan bayi untuk menghilangkan jejak.

“Hasil penyelidikan kami, sementara ini mengarah kepada penemu bayi sendiri. Dugaan sementara, penemu merupakan ibu kandung dari bayi perempuan itu, namun ia berpura-pura seolah bukan bayinya,” kata Kapolres Eddwi, Kamis (21/2/2019).

Saat ini, lanjut Kapolres, pihaknya telah mengamankan seorang perempuan asal Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, yang diduga kuat terlibat dalam pembuangan bayi. Ia menyebut bayi baru lahir itu sengaja dibuang karena hasil hubugan gelap.

“Hemat kami, mungkin karena merasa malu lantaran melahirkan anak tanpa ayah. Jadi dia enggan merawatnya, padahal anak kandungnya sendiri,” terang perwira asal Japanan Pasuruan saat menjenguk bayi tersebut di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Terpisah, Kepala Desa Betek Taman, Mahfudz mengaku belum bisa memastikan jika pelaku pembuangan bayi merupakan penemu sekaligus warganya. Hanya saja, jelas Mahfudz, ia saat ini tengah mendampingi Ruwaidah menjalani pemeriksaan di Polres Probolinggo.

“Saya sekarang ada di Polres Probolinggo mendampingi warga saya yang menemukan bayi untuk diperiksa. Nanti saya hubungi lagi kalau urusan sudah selesai,” ucap Mahfudz saat dikonfirmasi via seluler.

Diketahui, Selasa (19/2/2019) sekitar pukul 17.30 WIB, Ruwaidah mengaku menemukan seorang bayi perempuan saat hendak periksa ke Puskesmas. Bayi malang yang terbungkus kain menyerupai sarung itu masih lengkap dengan ari-ari begitu ditemukan di tepi hutan desa setempat. (*)

Baca Juga  Terciduk Pol PP, Pesta Miras dan Balap Liar Pelajar Kandas

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Rutinitas Tahunan, Pabrik Oli di Kota Probolinggo Salurkan Beras untuk Warga di Tiga Kelurahan

Probolinggo,- Untuk meringankan kebutuhan warga di tengah mahalnya harga beras, PT Berdikari Jaya Bersama (BJB), …