Menjajal Wisata Ekstrim nan Eksotik di Ranu Agung

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Objek wisata alam di Kabupaten Probolinggo menyimpan banyak potensi tersembunyi, tak terkecuali di lereng utara Gunung Argopuro. Selain eksotik dan kaya keragaman hayati, alam yang masih perawan acapkali mengundang penyuka olahraga ekstrim untuk turut mengeksplorasi.

Siapa sangka tebing alam eksotis yang menjadi ciri khas pesona wisata alam Ranu Agung di Kecamatan Tiris, air terjun Kalipedati dan Hyang Darungan kecamatan Krucil ternyata memiliki reputasi mengagumkan bagi para pegiat olahraga panjat tebing Indonesia.

Hal ini membuat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur bersama Pengurus Cabang FPTI Kabupaten Probolinggo dan club panjat tebing lokal, melakukan survey di tiga lokasi tersebut.

Dalam survey tersebut, tim meneliti karakter batu, mengamati kondisi alam serta mengukur kedalaman dan keamanan dasar air pada tebing yang berada di wisata Ranu Agung.

Kepala Bidang Tebing Alam Pengcab FPTI Kabupaten Probolinggo, Jackey Witjaksono menjelaskan, tebing alam di tiga lokasi tersebut masing-masing memiliki karakter dan klasifikasi yang berbeda, tebing Hyang Darungan lebih pas untuk Bordering (skill climbing), tebing alam Kalipedati yang lebar dan ekstrim lebih tepat untuk profesional expert yaitu extreme rock climbing.

“Sedangkan tebing Ranu Agung sangat cocok untuk kelas panjat tebing yang saat ini sedang digemari yaitu deep water solo climbing. Jadi olahraga panjat tebing pada kelas ini tanpa menggunakan alat sedikit pun dan mengandalkan kedalaman air dibawahnya sebagai pengaman utama saat jatuh,” papar Jackey, Senin (4/2/2019).

Jackey menambahkan,FPTI Jatim akan terlebih dahulu mengembangkan spot panjat tebing di Ranu Agung untuk kemudian di publikasikan dengan baik. Bahkan karakter yang dimiliki oleh tebing Ranu Agung boleh dikatakan satu – satunya di Indonesia dimana tebingnya sangat aman untuk di panjat langsung.

Baca Juga  Dam Pleret, Wisata Air yang Andalkan Labu Madu

“Aman kok meski dipanjant langsung dan memiliki grade yang lengkap, mulai untuk pemula sampai pemanjat tebing expert,” dia menjelaskan.

Oleh karena itu, kata jackey, dua bulan setelah giat survey tersebut akan menyusul agenda berikutnya yaitu pembuatan jalur untuk pemasangan anchor dan hanger sebagai media pemasangan carmantle (tali khusus untuk panjat tebing).

“Mohon doa restu InsyaAllah tebing Ranu Agung bakal ketempatan salah satu hajat FPTI Jatim yaitu Gatering FPTI,” ungkap ayah dua anak ini.

Lebih lanjut jebolan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Kraksaan ini menuturkan, Kabupaten Probolinggo sangat kaya akan spot olahraga panjat tebing, yang tak kalah eksotis dan menantang dibanding daerah lain.

“Sebenarnya olahraga rock climbing juga banyak diminati di Kabupaten Probolinggo, hanya sarana saja yang belum siap. Oleh karena itu bersama FPTI Jawa Timur, Pengcab FPTI Kabupaten Probolinggo akan mengupayakan untuk segera memiliki sarana rock climbing,” tandasnya. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …