SIAGA: Seorang anggota polisi di Kabupaten Pasuruan mengawasi objek wisata yang mengalami peningkatan kunjungan selama libur lebaran. (foto: Moh. Rois).

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria Suropati di Kecamatan Gondang Wetan, Saygon Waterprark di Kecamatan Purwosari, Taman Safari Indonesia II dan Diaryland Cimory, yang terletak di Kecamatan Prigen.

Namun, hari ini, Senin (15/4/2024), jumlah pengunjung menunjukkan sedikit penurunan dibandingkan hari sebelumnya. Lonjakan pengunjung diprediksi kembali terjadi pada H+7 atau Hari Raya Ketupat, Rabu (17/4/2024).

Di Taman Ria Suropati, Kecamatan Gondang Wetan, tercatat sekitar 1.900 pengunjung pada Minggu (14/4/2024). Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga puncaknya pada Rabu (17/4/2024) yang bertepatan dengan Hari Raya Ketupat.

“Kapasitas pengunjung di wisata ini kurang lebih 10 ribu. Sekarang menurun, kemungkinan puncaknya hari Rabu besok pas hari raya ketupat besok,” ujar Kapolsek Keboncandi, AKP Eko Edi S.

Sementara itu, di Wisata Saygon Water Park, Kecamatan Purwosari, jumlah pengunjung juga mengalami peningkatan pada Sabtu (13/4/2024) dengan 800 orang. Namun, pada Minggu (14/4/2024) terjadi penurunan.

“Sabtu paling ramai pengunjung, membludak hingga mencapai 800 orang. Kemungkinan hari raya ketupat meningkat lagi,” ucap Kapolsek Purwosari, AKP Hudi Supriyanto.

Kapolsek Prigen, AKP Sugiyanto mengungkapkan bahwa kepadatan pengunjung di Kecamatan Prigen mencapai 10.000 orang yang tersebar di beberapa destinasi wisata.

Puncak keramaian di Diary Land Cimory, yang terjadi Sabtu (13/4/2024) dengan 3.000 pengunjung. Sedangkan di Taman Safari Indonesia II Prigen, tercatat 7.000 pengunjung, dengan 4 unit bus wisata, 68 unit kendaraan roda dua, dan 1.137 unit roda empat.

“Puncaknya Sabtu kemarin, namun meski begitu saat ini juga masih dipadati pengunjung. Hanya kepadatannya mulai menurun hingga 50 persen lebih, sedangkan untuk kapasitasnya, sekitar 5.000 pengunjung,” jelas Sugiyanto. (*)

Baca Juga  Tunggak Pajak, Wisata Noars Rafting Disegel

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Libur Lebaran, Yuk Nikmati Sensasi Glamping di Kaki Gunung Semeru Sambil Bakar Jagung

Lumajang,- Berlibur usai lebaran memang menjadi momen yang dinantikan oleh kebanyakan keluarga. Kegiatan yang dilakukan …