Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut Melambung

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo melonjak, sejak sepekan terakhir. Tingginya harga jual ikan terjadi, diduga karena minimnya pasokan dari nelayan.

Para nelayan banyak yang memilih tidak melaut, karena cuaca laut sedang tidak stabil. Cuaca laut yang tidak bersahabat, sejatinya sudah terjadi sejak awal musim kemarau. Angin kencang dan ombak tinggi menghantui nelayan yang menangkap ikan di perairan utara Probolinggo.

Salim (35) salah satu pedagang ikan di Pasar Baru Paiton menjelaskan, komoditas ikan laut yang naik diantaranya adalah ikan tongkol yang naik dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 30 ribu per kilogram, Ikan Julluk dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 30 ribu per kilo gram, lalu ikan Kreseh dari harga awal Rp. 22 ribu naik menjadi Rp. 35 ribu per kilogram.

“Ikan kan jadi makanan yang paling diminati, terutama tongkol dan kreseh karena dagingnya enak dan kenyal. Namun ikan-ikan ini sekarang mahal, dari nelayan gak ada kiriman, sedangkan para pembeli banyak,” papar Salim, Selasa (28/8/2018).

Ditempat terpisah, Istiatun (43) pedagang ikan di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, mengaku bahwa kenaikan harga ikan membuat dagangannya sepi pembeli. Sebab, banyak warga yang justru membeli lauk pauk lain yang lebih terjangkau daripada ikan laut.

“Yang naik kan ikan-ikan yang banyak digemari masyarakat, kisaran kenaikannya antara Rp 5 ribu hingga Rp. 10 ribu per kilogram. Disini sudah satu bulanan pasokan ikan berkurang,” ungkat Istiatun.

Kenaikan harga, sebenarnya dimaklumi oleh pedagang mengingat cuaca laut saat ini sedang kurang baik. Hanya saja, menurut Istiatun, kenaikan harga jual seharunya tidak dibarengi dengan minimnya pasokan di pasaran.

Baca Juga  Gelar Rakor, Bawaslu Intai Sisa MPU Branding

“Naik tidak apa-apa, tapi kalau ikannya berkurang, ya apa pas, ikan ini kan lauk pauk yang menjadi kebutuhan pokok, terutama bagi warung nasi,” keluh perempuan dengan 3 anak ini. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

BPBD Lumajang Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana Saat Perubahan Cuaca

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim seiring peralihan …