CJH Gili Siapkan 18 Kapal Untuk Berangkat Haji

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang keberangkatan haji, 18 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, mulai menyiapkan kapal untuk mengantarkan mereka ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

Sejumlah kapal dipercantik dengan beragam hiasan dan aksesoris guna memeriahkan proses pemberangkatan CJH, Rabu (25/7/2018) besok. Jumlah CJH asal Pulau Gili tahun ini naik dibanding tahun 2017 lalu, yang hanya sebanyak 12 CJH.

Kepala Desa Gili, Supariono kepada PANTURA7.com mengatakan, dari 18 warganya yang menunaikan ibadah haji, 6 CJH berjenis kelamin perempuan dan 12 orang laki-laki. Mereka akan berangkat besok sekitar pukul 05.00 WIB ke Miniatur Ka’bah Gending sebelum dilepas menuju embarkasi haji di Sukolilo Surabaya.

“Ya warga Gili sudah siap berangkat besok subuh. Ada 18 kapal besar yang disiapkan, mereka akan didampingi oleh keluarga dan tetangga”, kata Supariono, Selasa (24/7/2018).

Kapal – kapal tersebut, menurut Supariono, khusus dihiasi untuk mengiringi para CJH berangkat haji, yang kemudian dikenal dengan tradisi ‘Ngater Kajjien’. Kebiasaan ini, imbuh Supariono, telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

“Kami berharap pemberangkatan jamaah haji besok berjalan dengan lancar. Meski ada kehawatiran terkait cuaca buruk seperti angin dan gelombang besar, tetapi kami optimis semua akan baik-baik saja,” tukas Supariono. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Ahmad Zulkifly

Baca Juga  Hari Ini, HATI Dikukuhkan Sebagai Bupati-Wakil Bupati Probolinggo

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …