Menu

Mode Gelap

Religi & Pesantren

Ada Piodalan Mandhara Giri Semeru Agung 2024, Pemkab Lumajang Siap Sukseskan


badge-check

Reporter: 

24 Mei 2024 20:45 WIB 39.5K View ·


					SIAP SUKSESKAN: Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat menerima audiensi dari Manggala Karya Panca Wali Krama Pura Mandhara Giri Semeru Agung 2024. (foto: Asmadi). Perbesar

SIAP SUKSESKAN: Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat menerima audiensi dari Manggala Karya Panca Wali Krama Pura Mandhara Giri Semeru Agung 2024. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang siap menyambut rangkaian upacara Piodalan yang akan dihelat pada bulan Juli dan Agustus tahun ini.

Piodalan atau odalan merupakan salah satu upacara peringatan suci yang dirayakan oleh umat Hindu di Bali. Piodalan adalah bentuk persembahan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh manifestasinya.

“Pemerintah Kabupaten Lumajang siap memberikan dukungan penuh untuk kelancaran Piodalan. Kami ingin memastikan bahwa para tamu yang berkunjung, terutama yang menjalankan peribadatan, dapat melaksanakan kegiatannya dengan nyaman tanpa mengurangi makna ibadah,” kata Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat menerima audiensi dari Manggala Karya Panca Wali Krama Pura Mandhara Giri Semeru Agung 2024, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, beserta timnya, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (22/5/24).

Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran acara, Pj. Bupati akan membentuk sebuah panitia kecil yang melibatkan internal Pemkab Lumajang serta TNI-Polri.

“Kami akan berkoordinasi dengan panitia yang ada di Lumajang dan mempersiapkan segala kebutuhan yang terkait dengan penyelenggaraan acara. Kami siap membantu dan mengawal semua persiapan yang diperlukan,” terang dia.

Sementara itu, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, yang juga Wakil Gubernur Bali periode 2018-2023, menyampaikan harapannya agar kegiatan rutin tersebut dapat berjalan dengan lancar dan harmonis, dengan dukungan penuh dari pihak terkait di Lumajang.

“Kami berharap mendapatkan izin dan koordinasi yang baik terkait keamanan selama acara berlangsung, agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. Selain upacara keagamaan, kami juga akan menyajikan berbagai kegiatan budaya yang bermakna,” cetus Tjokorda.

Sementara, Kapolres Lumajang, AKBP. Zainul Rofik turut menyatakan kesiapannya untuk mendukung kesuksesan Piodalan. Bahkan, pihaknya telah menuyiapkan beberapa personil untuk menjaga keamanan saat Piodalan berlangsung.

“Kami siap untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan kegiatan. Kami akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

NU-Muhammadiyah Kompak! Perayaan Idul Adha Tahun ini Bersamaan

9 Juni 2024 - 17:19 WIB 14.2K View

Cuaca Ektrem di Mekkah, Banyak Jemaah Haji Probolinggo Sakit

6 Juni 2024 - 19:58 WIB 20.3K View

Umat Buddha Probolinggo Gelar Ritual Perayaan Waisak, Begini Prosesinya

24 Mei 2024 - 09:13 WIB 50.1K View

Jelang Puncak Perayaan Waisak, Jemaat Klenteng Tri Dharma Mandikan Patung Budha

23 Mei 2024 - 16:41 WIB 58.1K View

Tangis Haru Warnai Pelepasan Ratusan Jemaah Calon Haji di Lumajang

23 Mei 2024 - 08:04 WIB 17.1K View

Trending di Religi & Pesantren