Menu

Mode Gelap
Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati Mau Kuliah S-2 Pendidikan Agama Islam? di UNZAH Genggong Aja Jos! Jumlah Penduduk Miskin di Lumajang Turun Hingga 8,65 Persen Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

Pemerintahan · 13 Mar 2024 16:42 WIB

Masuk Panen Raya Padi, Pemkab Probolinggo Yakin Dapat Tekan Inflasi


					PANEN RAYA: Panen raya padi Desa Seboro, Kecamatan Krejengan,  Kabupaten Probolinggo, Rabu (13/3/24). (foto: Ali Ya'lu). Perbesar

PANEN RAYA: Panen raya padi Desa Seboro, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (13/3/24). (foto: Ali Ya'lu).

Probolinggo,- Kabupaten Probolinggo mulai memasuki masa panen raya padi. Di Desa Seboro, Kecamatan Krejengan, Pemerintah Kabupaten turut serta melakukan panen raya pada Rabu (13/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Ugas Irwanto, hadir Asisten Administrasi Umum, Tutug Edi Utomo dan sejumlah perwakilan Forkopinda lainnya. Turut hadir Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Mahbub Zunaidi, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Yahyadi.

Tutug mengatakan, dengan adanya panen raya ini, tentu ketersediaan pangan di Kabupaten Probolinggo akan dapat terjaga. Sehingga, inflasi dapat terus ditekan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para petani. Sebab, panen raya yang melimpah ini adalah hasil kerja keras dari petani,” kata Tutug.

Ia mengaku, bersyukur meski terdampak cuaca ekstrem El Nino, tanaman padi di Kabupaten Probolinggo masih bisa terus berproduksi, sekalipun harus mengalami kemunduran jadwal tanam. Kebanyakan para petani baru memulai masa tanam pada Januari 2024.

“Mari terus tingkatkan kualitas dan produktivitas pertanian ini. Mari terus belajar serta berinovasi agar dapat bersaing di pasar yang lebih kompleks,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperta Kabupaten Probolinggo, Mahbub Zunaidi mengatakan, di Kabupaten Probolinggo terdapat sejumlah daerah yang menjadi sentra padi. Sentra daerah padi tersebut mayoritas berada di wilayah Probolinggo timur.

“Jadi yang menjadi sentra padi itu ada Kecamatan Kraksaan, Besuk, Gading, Pajarakan, Krejengan, Gending, Sumberasih, dan Tongas. Alhamdulillah, mulai hari ini sudah memasuki masa panen raya,” ucapnya. (Adv).

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Jos! Jumlah Penduduk Miskin di Lumajang Turun Hingga 8,65 Persen

27 Juli 2024 - 14:58 WIB

Wow! Tujuh Ribuan Warga Kota Pasuruan Masih Menganggur

24 Juli 2024 - 19:55 WIB

Ngebut! Pemkab Lumajang Percepat Pembangunan Infrastruktur di Desa Wisata

24 Juli 2024 - 15:16 WIB

Nego ke BPK Mentok, Guru Honorer di Lumajang Terancam Kewajiban Kembalikan Uang Tunjangan

23 Juli 2024 - 13:39 WIB

Jelang HUT RI, Pemkab Lumajang Buka Pemusatan Diklat Paskibraka

22 Juli 2024 - 13:54 WIB

Trending di Pemerintahan