Bambang Heriwahjudi, Plt. Kadis Popar Kabupaten Probolinggo.

Desember, Wisatawan Bromo dan Wisatawan Kabupaten Probolinggo Diprediksi Meningkat

Probolinggo – Pasca terbakarnya Bromo, beberapa waktu yang lalu, kini savana Bromo sudah mulai kembali menghijau. Bersamaan dengan menghijaunya Bromo, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo memprediksi bulan Desember menjadi puncak kunjungan Wisata di Bromo dan Probolinggo.

Plt Kepala Dispopar Kabupaten Probolinggo, Bambang Heriwahjudi mengatakan, rerumputan yang sebelumnya kering akibat terbakar sudah berangsur menghijau, atau tumbuh dengan sendirinya, dan tidak ada penyiraman.

“Faktornya karena banyaknya embun yang berada di Bromo sehingga membasahi tumbuhan dan tanah kemudian savana yang awalnya mengering kembali menghijau,” ujarnya.

Bersamaan dengan mulai menghijaunya Bromo, dari data Dispopar Kabupaten Probolinggo, sejak bulan Januari hingga September 2023, kunjungan wisatawan lokal tertinggi berada di bulan Juli mencapai 11.378 pengunjung. Sementara untuk kunjungan wisatawan mancanegara tertinggi berada di bulan September mencapai 2019 pengunjung.

Namun saat ini, kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara masih normal, karena dilihat dari kalender wisata bulan September hingga pertengahan bulan Desember masuk low season.

Dan barulah mulai pertengahan l Desember hingga Januari 2024, kunjungan wisata akan kembali ramai karena masuk musim peak season. Tak hanya wisata Bromo saja yang meningkat di bulan Desember, atau peak season, namun juga wisata lain di Kabupaten Probolinggo.

“Saya mengimbau tidak hanya kepada wisatawan, namun juga pelaku jasa wisata untuk menjaga, jangan sampai kejadian kebakaran yang akhirnya berimbas pada sektor pariwisata Bromo kembali terjadi,” kata mantan Camat Sukapura ini. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Nelayan-ABK Mayangan Tuntas Jalani Vaksinasi Tahap II

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …