BAYARAN: Tiga pelaku perampokan yang ditangkap Polres Lumajang merupakan perampok bayaran. (foto: Asmadi).

Motif Perampokan Bersenpi di Lumajang; Gagal Terpilih, Cakades Sewa Perampok Tebar Teror

Lumajang,- Perampokan di rumah Andri Fahruzi, warga Desa Bedayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ternyata dipicu sakit hati. Tetangga korban, Samsidin, kecewa pasca gagal terpilih sebagai Kades PAW lalu menyewa kompotan perampok untuk meneror warga.

Fakta itu terungkap setelah Polres Lumajang meringkus tiga orang yang diduga sebagai pelaku perampokan. Pelaku seluruhnya berjumlah 7 orang dan 4 orang lainnya masih buron.

Tiga pelaku yang tertangkap adalah Jon atau Sarip Salim, warga Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo; Parman, warga Desa Bedayu, Kecamatan Senduro, dan Hajer, warga Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Dari hasil interogasi kepada ketiga pelaku, diketahui bahwa otak perampokan adalah Samsidin. Ia adalah calon Kepala Desa Bedayu melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Dalang dari semua perampokan ini adalah Samsidin calon PAW kades yang tidak jadi. Samsidin statusnya saat ini masuk DPO (Daftar Pencarian Orang, red),” kata Kapolres Lumajang AKBP Boy Jackson Situmorang saat konferensi pers, Jumat (13/10/2023).

Motifnya, komplotan Jon diminta untuk membuat teror oleh Samsidin, yang tidak terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (Pilkades PAW) di Desa Bedayu.

“Komplotan ini diberi imbalan uang oleh DPO Samsidin sebesar Rp500 ribu,” ungkap Kapolres.

Polres Lumajang masih punya Pekerjaan Rumah (P-R), untuk menangkap 4 pelaku lain, yang masuk DPO. Empat buron itu adalah Samsidin, M-S, dan S-H dan H-S.

“Kepada para DPO, diharapkan untuk segera menyerahkan diri ke Polsek terdekat. Terutama Samsidin, lebih bagus untuk segera menyerahkan diri,” imbau Kapolres.

Sekedar diketahui, perampokan ini terjadi pada tanggal 1 Oktober 2023 lalu. Komplotan pria bersenjata tajam dan senjata api, menyatroni rumah kader Karang Taruna Lumajang, Andri Fahruzi.

Baca Juga  Gunung Semeru Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Satu Kilometer

Akibat kejadian ini, uang tunai,. sejumlah perhiasan emas dan dua motor korban amblas dibawa kabur pelaku. Selain kehilangan harta benda, korban juga mengalami trauma. (*)

 

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …