Menu

Mode Gelap
Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya Musim Kemarau, Empat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Terdampak Kekeringan Tentara Gadungan Perampok Janda, Dua Kali Gagal Tes Seleksi TNI Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Wisatawan Dilarang Berkemah di Bromo

Berita Pantura · 24 Mar 2024 13:49 WIB

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang


					SERU: Salah satu peserta festival musik patrol di Lumajang saat menampilkan keahliannya. (foto: Asmadi). Perbesar

SERU: Salah satu peserta festival musik patrol di Lumajang saat menampilkan keahliannya. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik patrol yang digelar untuk membangunkan warga saat waktu sahur tiba.

Event tahunan ini menyedot perhatian masyarakat yang ingin menyaksikan kesenian tradisional ini. Tidak heran, jika ribuan masyarakat memadati Alun-alun Lumajang, Sabtu 23/3/24) malam, begitu event itu digelar.

Kolaborasi alunan musik dan tarian tradisional, membuat festival musik patrol kian meriah. Para peserta festival pun menari-nari sambil mengikuti irama musik patrol.

Festival tersebut diikuti oleh 14 peserta. Kreatifitas dari uniknya dekorasi kendaraan pawai ditambah kostum peserta yang unik menambah kemeriahan festival.

Festival ini mengambil rute dari depan Masjid Alun-alun dan finish di simpang 4 Adipura. Selama menyusuri rute, peserta tak henti-hentinya menabuh musik dan melantunkan sholawat.

Seorang pengunjung, Rendi mengaku sangat senang dengan event tahunan ini. Menurutnya, festival musik patrol menjadi moment yang sangat ditunggu selama bulan Ramadhan ini.

“Main musiknya bagus, penampilannya juga bagus, serta kreatif. Apalagi yang ikut anak muda bisa memadukan lantunan sholawat dengan musik patrol, irama yang dihasilkan keren sekali,” puji Rendi.

Panitia penyelenggara Festival Musik Patrol 2024, Ali Muchtar menyebut, event ini sudah masuk tahun ke-19 yang digelar rutin oleh Takmir Masjid Anas Mahfudz.

Tujuan diselenggarakannya, untuk menggali kreatifitas anak muda di Lumajang. Selain itu, membantu melestarikan alat musik patrol yang identik dengan bulan Ramadhan.

“Salah satu tujuan terselenggaranya festival ini adalah untuk menggali kreatifitas anak muda sekaligus sebagai syiar agama Islam,” papar dia.

Adapun beberapa kriteria penilaian dalam festival musik tradisional ini, meliputi harmonisasi alunan musik, kekompakan hingga kreativitas penampilan para peserta.

“Jadi yang dinilai ada dekorasi dan perpaduan musik dari para peserta serta kreativitas dari para peserta,” ujar Ali. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Musim Kemarau, Empat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Terdampak Kekeringan

26 Juli 2024 - 20:53 WIB

Tentara Gadungan Perampok Janda, Dua Kali Gagal Tes Seleksi TNI

26 Juli 2024 - 20:36 WIB

Partai Golkar Keluarkan Surat Tugas ke Gus Haris – Ra Fahmi untuk Pilkada Probolinggo

26 Juli 2024 - 14:53 WIB

Nyaru Anggota TNI, Warga Blimbing Probolinggo Ploroti Janda asal Blitar

26 Juli 2024 - 13:32 WIB

KA Blambangan Express Catat Rekor, Tempuh Rute Terjauh Banyuwangi – Jakarta

25 Juli 2024 - 21:51 WIB

Trending di Berita Pantura