SESAK: Lautan manusia terlihat dalam haul Kiai Abdul Hamid Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Khidmad! Ratusan Ribu Jamaah Hadiri Haul Kiai Hamid Pasuruan

Pasuruan,- Ratusan ribu jamaah hadiri haul KH Abdul Hamid ke 42, yang digelar di kompleks masjid Agung Al-Anwar, Alun-alun Barat Kota Pasuruan Senin (25/9/2023) pagi. Jamaah tidak hanya warga Kota dan Kabupaten Pasuruan, melainkan juga luar daerah.

Pantauan PANTURA7.com, jamaah haul terus berdatangan sejak pagi hingga jelang siang hari. Alun-alun Kota Pasuruan, Masjid Jamik Al-Anwar, Jalan Kartini, Jalan Niaga, hingga kawasan Jalan Jawa yang mengarah ke Ponpes Salafiyah, semuanya dipadati oleh jamaah.

Salah seorang jamaah, Adi (35) yang berasal dari Banten, menjelaskan bahwa ini adalah ketiga kalinya dia mengikuti yaul KH Abdul Hamid. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mendapatkan berkah dari kiai yang dikenal punya banyak karomah itu.

“Saya datang bersama rombongan teman-teman. Kami sampai di sini sejak tadi malam,” kata Agus.

Hal serupa disampaikan oleh Zakiyatus Syarifa seorang jamaah asal Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Dia datang bersama keluarganya dan mengamati bahwa haul tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena sebelumnya terkendala pandemi Covid-19.

“Saya orang Pasuruan asli, jadi setiap tahun saya mengikuti haul Mbah Hamid,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan saat membuka haul KH Idris Hamid, putra KH Abdul Hamid, menyebut bahwa jumlah total jamaah yang hadir dalam haul sekitar 100 ribu lebih.

“Menurut perhitungan Walikota, ada sekitar 100 ribu lebih jamaah yang hadir,” ucap Gus Idris.

Lebih lanjut, Gus Idris menjelaskan bahwa ratusan ribu jamaah haul ini datang dengan inisiatif mereka sendiri, tanpa undangan resmi.

“Tamu semakin bertambah setiap tahun, tanpa undangan resmi. Mereka datang atas dasar pengumuman dan kabar dari mulut ke mulut,” tambahnya.

Dalam haul ini, sekitar 1.100 petugas gabungan dari TNI-Polri, Pol PP, Banser, dan relawan terlibat dalam pengamanan haul. Sejumlah tokoh penting juga hadir dalam haul, seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. (*)

Baca Juga  Pesta Miras Renggut 7 Nyawa, Penjual Dilaporkan ke Polisi

 

 

Editor: MohamadS

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …