Baznas Akan Santuni 1.300 Anak Yatim

Baznas Akan Santuni 1.300 Anak Yatim

Probolinggo – Sebanyak 1.300 anak yatim di Kabupaten Probolinggo bakal disantuni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat. Santunan tersebut rencananya bakal diberikan tepat pada 10 Muharram 1445 Hijriyah atau 28 Juli mendatang.

Ketua Baznas setempat, H. Ahmad Muzammil mengatakan, sebanyak 1.300 anak yatim ini berasal dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo. Masing-masing anak yatim tersebut akan mendapatkan santunan total sebesar Rp 210 ribu dengan rincian tas dan alat-alat tulis sebesar Rp135 ribu dan uang saku sebesar Rp75.000.

“Dengan 1.300 anak yatim ini, total anggarannya mencapai Rp273 juta,” katanya, Jumat (21/7/2023).

Ia melanjutkan, secara simbolis nantinya santunan ini akan diberikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo. Pada saat penyerahan secara simbolis ini, ada 150 anak yatim yang berasal dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kraksaan, Krejengan, dan Pajarakan. 21 kecamatan lainnya akan diserahkan di masing-masing kecamatan secara bertahap.

Lebih lanjut Muzammil menjelaskan, secara umum kriteria penerima santunan ialah anak yatim yang usia maksimalnya 12 tahun dan berasal dari keluarga tidak mampu. Serta belum pernah menerima santunan dari Baznas Kabupaten Probolinggo.

“Tujuannya adalah untuk melaksanakan perintah Al-Quran dan Nabi Muhammad SAW. Tanggal 10 Muharram dianjurkan menyantuni anak yatim piatu. Paling tidak bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka,” ujarnya.

Ia menyampaikan, santunan anak yatim ini juga bertujuan memberikan teladan kepada masyarakat luas, khususnya warga Kabupaten Probolinggo.

“Paling tidak nantinya bisa diikuti oleh masyarakat. Terutama masyarakat yang mampu dan memiliki kepedulian kepada anak yatim,” ungkapnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Rapid Antigen Diwacanakan di 7 Kecamatan Zona Merah

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …