Rukun Haji Tuntas, Jemaah Probolinggo Menyisakan Satu Wajib Haji Sebelum Dipulangkan

Probolinggo – Jemaah haji Indonesia sudah menyelesaikan ibadah hajinya di tanah suci Mekah. Bahkan, Kelompok Terbang (Kloter) pertama dari Embarkasi Banda Aceh dijadwalkan pulang ke tanah air pada hari ini.

Begitupun jemaah dari Kabupaten Probolinggo, kepulangannya tinggal menunggu antrean.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Taufieq mengatakan, dari 816 jemaah asal Kabupaten Probolinggo, semuanya telah menyelesaikan rukun-rukun hajinya. Kondisi para jemaah itu pun juga terbilang baik.

“Alhamdulillah, untuk rukun-rukunnya sudah selesai semua. Kesehatannya pun baik. Semoga sampai di tanah air nanti juga kondisinya baik,” katanya, Selasa (4/7/2023).

Meski begitu, para jemaah haji Kabupaten Probolinggo masih menyisakan satu wajib haji yang harus dilakukan, yakni thawaf wada’. Menurutmya, thawaf wada’ merupakan wajib haji guna berpamitan kepada kakbah.

“Sampai saat ini posisinya masih di Makkah semua. Insya Allah nanti tanggal 17 atau 18 Juli, jemaah akan melakukan thawaf wada’. Setelah thawaf wada’, jemaah tidak boleh lagi masuk ke Masjidil Haram, dan akan bergerak ke Madinah,” katanya.

Di Madinah, para jemaah memiliki waktu setidaknya selama sembilan hari untuk melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi. Setelah itu, para jemaah akan dipulangkan ke tamah air.

“Jika tidak ada perubahan, insya Allah tanggal 27 Juli sudah diterbangkan dari Saudi menuju ke tanah air,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  11 Pasien Covid-19 Sembuh, 1 Meninggal Dunia

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …