Sepekan Jelang Lebaran, Pemkab Lumajang Sisir Pasar Cek Daging Sapi, ini Hasilnya

Lumajang,- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional yang ada di kota pisang.

Sidak yang dilakukan menjelang hari raya idul fitri itu meliputi pemeriksaan sampel produk hewan seperti kualitas daging sapi, ayam, domba, kambing yang dijual di pasaran.

“Kami dari DKPP bidang Peternakan menjelang lebaran mengadakan cek produk di Pasar Baru Lumajang, khusunya untuk daging sapi, ayam, domba dan kambing,” kata Kabid Peternakan DKPP Lumajang, Siswanto, saat memimpin sidak di Pasar Baru Lumajang, Sabtu (15/4/2023).

Menurut Siswanto, fokus pemeriksaan kali ini yakni kadar keasaman daging hingga kesehatan daging yang dijual pedagang. Selain itu, pemeriksaan ketersediaan daging disetiap pasar tradisional.

“Yang dicek PH daging, daging yang dicampur formalin atau air. Sejauh ini yang kita temukan halal dan sehat semua, sudah dua hari kita keliling di pasar tradisional semua daging layak konsumsi,” jelasnya.

Menurut Siswanto, pihaknya akan melakukan pengecekan daging di pasaran secara rutin hingga Idul Fitri 1444 H tiba.

Jarga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Lumajang saat ini, dijelaskan Siswanto, masih terbilang normal dan juga tak terpengaruh PMK karena tidak ada atau zero kasus.

“Harga daging sepekan jelang Ramadan masih stabil di harga Rp110 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Baru Lumajang, Ima (49) mengatakan, bahwa harga jual daging masih stabil jelang hari raya Idul Fitri.

“Harganya Rp110 ribu sampai Rp120 ribu, itu kualitas A. Kalau yang lebih murah, ada yang Rp100 ribu per kilogram, tren kenaikan belum ada,” terang Ima.(*) 

 

Editor Mohamad S

Baca Juga  Penderita DBD Terbanyak Anak, Sekolah Di-‘Fogging’

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …