Libur Nataru, Organda Sebut Sewa Bus Pariwisata Naik 80%

Probolinggo – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Probolinggo siap menyambut penumpang saat libur natal dan tahun baru (Nataru). Organda sendiri tak menambah armada bus karena libur nataru tahun ini justru lebih banyak warga yang menyewa bus pariwisata untuk bepergian ke tempat wisata.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Organda Probolinggo, Tommy Wahyu Prakoso. Ia mengatakan, pada libur nataru tahun ini diprediksi ada peningkatan jumlah penumpang. Namun demikian, Organda Probolinggo sendiri belum akan menambah jumlah armada.

“Prediksi ada lonjakan penumpang, namun demikian perusahaan bus belum akan menambah armada, karena armada yang tiap hari beroperasi masih bisa mengangkut lonjakan penumpang,” ujarnya, Senin (19/12/2022.

Pada momen nataru tahun ini, Organda Probolinggo mencatat, ada peningkatan untuk sewa bus pariwisata, mencapai 80%. Peningkatan sewa bus pariwisata ini dimulai sejak hari Minggu (18/12/2022) hingga awal tahun 2023.

Bus pariwisata yang disewa ini bertujuan ke tempat-tempat wisata di antaranya, Bali, Yogyakarta, hingga Malang. Dan untuk penyewanya sendiri, terbanyak dari rombongan lembaga, perkantoran dan sekolah.

“Libur nataru inu malah peningakatan terjadi di sektor bus pariwisata, tak hanya satu perusahaan bus saja, namun seluruh perusahaan bus yang tergabung di Organda mencatat terjadi peningkatan untuk penyewaan bus pariwisata,” ujar Tommy.

Tommy mengungkapkan, meski sebelumnya perusahaan bus sempat mengalami kesulitan bahan bakar solar karena adanya pembatasan, namun saat ini, sudah ada kelonggaran. Sehingga untuk bahan bakar solar bus sudah tercukupi.

“Saya mengimbau bagi masyarakat yang hendak menyewa bus, lebih teliti untuk menyewa bus pariwisata, selain memastikan menagemen keselamatan apakah di-cover jasa raharja, serta memiliki izin trayek yang jelas, demi keselamatan penumpang,” imbuh Tommy. (*)

Baca Juga  DPRD Kabupaten Probolinggo Punya 14 PR Raperda di 2024, Apa Saja?

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …