Waspada! 24 Warga Lumajang Suspek Penyakit Kencing Tikus

Lumajang,- Sepanjang tahun 2022, sedikitnya 24 warga di Kabupaten Lumajang terdeteksi terinfeksi penyakit leptospirosis (penyakit bakteri yang menyebar melalui air seni hewan terinfeksi).

Koordinatot Sub Substansi Penyakit Menular dan Tidak Menular (Dinkes P2KB) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang, Askap Hariyanto mengatakan, dari 24 pasien yang yang suspek leptospirosis, 3 orang diantaranya dinyatakan positif terjangkit.

“Tiga pasien yang dinyatakan positif itu terjadi pada bulan Juli yang lalu, dan sekarang mereka sudah dinyatakan sembuh total,” kata Askap, Selasa (1/11/2022).

Ia menyebut, kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan guna mencegah dan mengobati penyakit ini. Terlebih, penyakit ini tidak selalu menunjukkan gejala.

Ia meminta masyarakat mengetahui gejala dari leptospirosis, seperti demam, pusing dan nyeri otot. Demam yang ditimbulkan, mirip dengan efek yang ditmbulkan akibat Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Demamnya lebih tinggi DBD, biasanya lebih spesifik ke otot betis nyerinya, ada juga kekuningan di mata tapi itu jarang ditemukan,” jelas dia.

Jika ditemukan adanya gejala meskipun tidak berat, imbuhnya, masyarakat diharapkan segera memeriksakan kesehatan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Sementara itu, papar Askap, penyebab terjadinya penyakit leptospirosis ini diakibatkan karena kencing tikus yang terinfeksi oleh bakteri leptospira.

“Memang penyakit ini tidak menular. Tetapi dari tikus yang membawa bakteri dari urinnya semisal dari lingkungan dan makanan yang kotor seperti selokan yang sering digenangi oleh air sehingga kalau ada seseorang yang terluka, tentu sangat mudah terinfeksi,” terangnya.

Untuk itu, Askap mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan llingkungan sekitar rumahnya. Tujuannya, agar dijauhkan dari penyakit suspek leptospirosis tersebut.

“Untuk masyarakat Lumajang, saya imbau agar terus melakukan kebersihan dilingkungannya masing-masing. Apabila ada sisa makan segera dibakar saja agar tidak mengundang tikus datang dan berkeliaran di dalam rumah,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  SMK Negeri 2 Disiapkan untuk Karantina Pemudik

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …