Struktur Purbakala Diduga Bangunan Candi Ditemukan di Prigen

Pasuruan,- Struktur bangunan kuno ditemukan di area tempat pemakaman umum di Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Diduga, struktur bangunan tersebut bekas candi.

Struktur bangunan pertama kali ditemukan oleh warga sekitar ketika sedang kerja bakti membersihkan area makam, Minggu (30/10/22). Rencananya di lokasi tersebut, akan dibangun pondasi untuk pagar makam.

Namun, ketika sedang meratakan tanah, warga menemukan tumpukan batu yang tersusun rapi. Ketika digali terus hingga selebar 5,6 meter, warga melihat ada struktur bangunan mirip sebuah candi.

“Tempat ini lokasi punden, biasanya dibuat selamatan desa oleh warga, makanya diratakan dan akan dibangun. Pas digali, menemukan bangunan candi ini,” kata Ramin (50) warga setempat, Selasa (1/11/2022).

Menurut Ramin, susunan batu kuno yang ditemukan, beberapa diantaranya terdapat ukiran. Selain itu juga ditemukan 3 buah patung arca kuno berbentuk kepala dan dada.

“Temuan arca dan batu itu oleh petugas dari Trowulan (Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan, Mojokerto, red) disuruh simpan,” kata Ramin.

Hingga kini, candi yang baru ditemukan itu belum diketahui pasti peninggalan dari kerajaan apa. Warga sekitar juga belum bisa memastikan tahun berapa bangunan itu berdiri dan dimanfaatkan warga.

Sementara itu, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, masih perlu melakukan eskavasi dan penelitian lebih lanjut. Guna sterilisasi bangunam, lokasi dipagari tali pembatas. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Jelang Nyepi, Bromo Malah Dipadati Wisatawan

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …