KapolsekTempursari bersama Kades Bulurejo saat mengecek kebun sawit yang serang ulat (Foto : Asmadi)

Puluhan Hektar Pohon Kelapa Diserang Hama Ulat, ini Langkah Pemkab Lumajang

Lumajang,- Puluhan hektar pohon kelapa milik warga Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang rusak pasca diserang hama ulat.

Akibat serangan hama tersebut, hasil produksi terancam menurun, bahkan gagal panen lantaran sebagian pohon kelapa mati. Warga pun meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Lumajang turun tangan.

Menanggapi hal itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya bakal melokalisir lahan pertanian di kawasan tersebut. Upaya ini dilakukan agar hama yang sudah menghinggapi pohon kepala tidak semakin menyebar.

Informasi yang didapat Pemkab Lumajang, sejauh ini ada sekitar 20 hektar lahan kelapa di Desa Bulurejo yang sudah terserang hama ulat.

“Tentu ini akan merugikan petani. Maka dari itu, kita akan melokalisir beberapa pohon sehingga tidak menyebar ke tempat yang lain,” kata Thoriq, Selasa (1/11/22).

Usaha para petani kelapa yang dilakukan untuk membasmi ulat, diantaranya dengan melakukan penyemprotan perontok hama. Namun usaha ini terbilang sia-sia saja.

Sebab, tidak satupun pohon kelapa yang bisa diselamatkan dikawasan tersebut. Tak heran jika kemudian warga berharap ada bantuan dari Pemkab Lumajang untuk mengendalikan hama pohon kelapa.

“Sudah berbagai upaya telah dilakukan petani, bahkan menyemprotkan beberapa obat perontok hama,” Thoriq menambahkan

Menurut Thoriq, ia telah memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, untuk segera melakukan penanganan hama ulat yang meresahkan petani itu.

“Saya telah minta DKPP untuk meninjau dan segera melakukan penanganan,” tutup dia. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Fathor tak Kunjung Ditemukan, Keluarga Kian Gundah

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …