Konflik Tanah Antar-Tetangga di Besuk Berakhir Damai

Kraksaan,- Kasus sengketa tanah yang melibatkan dua kubu warga Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo berakhir damai. Kedua belah pihak telah menyelesaikan secara kekeluargaan setelah mendapatkan surat panggilan dari pihak kepolisian.

Pihak kesatu (pelapor) Herman (40) warga Desa Sindetlami mengatakan, ia beserta kepala desa (kades) setempat telah melakukan mediasi dengan pihak kedua (terlapor), Misbahul Munir (50) tetangganya di Mapolres Probolinggo, Jumat (5/8/2022) siang.

“Tadi malam saya mendapat surat dari pihak Polres Probolinggo untuk melakukan mediasi bersama pihak kedua. Kami didampingi kades dan juga pihak kepolisian dari Polres Probolinggo. Alhamdulillah permasalahan ini sudah bisa diselesaikan secara kekeluargan,” kata Herman.

Herman mengatakan, kuasa hukum dari Musbahul Munir juga hadir saat mediasi. “Ya hadir juga, Pak Misbah bersama Pak Nanang, kuasa hukumnya. Saya dengan Pak Kades, intinya permasalahan ini sudah selesai secara kekeluargaan,” paparnya.

Semenatara itu Nanang Hariadi membenarkan, konflik kliennya telah diselesaikan secara kekeluargaan. Kedua belah pihak telah saling memaafkan dan telah membuat surat pernyataan damai.

“Ya sudah sepakat berdamai dari kedua belah pihak sudah sama-sama untuk saling memaafkan. Dan kemudian akan dilakukan pengukuran tanah ulang. Jika nantinya memang benar ada tanah milik warga yang ikut ke tanah milik Saudara Misbah, akan diamankan sesuai sertifikat masing-masing,” katanya.

“Artinya, jika nanti memang ada tanah milik Saudara Misbah yang ikut untuk lahan jalan ya akan dikasih sesuai kesepakatan. Begitu juga sebaliknya dari pihak pelapor akan sama-sama legowo,” ujar Nanang.

Sementara Kasi Humas Polres Probolinggo, Bribka Mukhtar yuliharto mengatakan, kedua belah pihak telah bersepakat untuk saling berdamai. Dan keduanya telah membuat surat pernyataan dan menandatanganinya didampingi kades setempat.

Baca Juga  Curi ‘Rolling Door’ di Stadion, Pelaku Digebuki Warga

“Betul, tadi kedua belah pihak sudah bersepakat untuk berdamai dan menandatangani surat pernyataannya didampingi kadesnya,” katanya. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bikin Resah! Manusia Silver Bertebaran di Lumajang

Lumajang,- Keberadaan manusia silver yang mengemis di sejumlah perempatan jalan di Kabupaten Lumajang, membuat Satpol …