Duh! Gadis Berkebutuhan Khusus di Lumajang Dirudapaksa, Pelaku Bebas

Lumajang,- Bunga (18), warga Desa Uranggantung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang harus menanggung malu. Perempuan berkebutuhan khusus ini dicabuli tetangganya, SG, hingga berbadan dua.

Sayangnya, terduga pelaku yang sebelumnya ditangkap polisi, kini justru dibebaskan. Kecaman pun dipertanyakan oleh sejumlah pihak, tak terkecuali dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Lumajang.

Ketua PPDI Lumajang, Ali Muslimin berharap agar kasus ini segera selesai. Pihaknya pun audiensi dengan Kapolres Lumajang untuk menanyakan perkembangan kasus tersebut, Jumat (29/07/22).

“Semoga pihak terkait dan lembaga yang berwenang diberikan kemudahan ” ujar Ali.

Sejak tahun 2020 hingga 2022, kasus pencabulan disabilitas hingga melahirkan seorang anak di lumajang belum teratasi. Sebab, Polres Lumajang masih kesulitan biaya tes DNA untuk mendalami kasus Pencabulan tersebut.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, kasus pencabulan ini akan ada titik terangnya apabila sudah tes DNA. Namun, untuk tes DNA biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

“Sampai hari ini kasus tersebut masih belum bisa dibuktikan, satu-satunya jalan agar kasus ini cepat terungkap yaitu di tes DNA,” ucap Dewa, Kamis (4/8/2022).

Tidak hanya itu, lanjut Dewa, faktor lain yang menjadi kesulitan bagi penyidik adalah korban memiliki keterbelakangan dengan tiba tiba hamil.

Karena kejadian ini tidak di updare, sehingga menyulitkan tim penyidik. Meski demikian, bila ada dana untuk melakukan tes DNA, kedua belah pihak harus sama-sama mau untuk dilakukan tes tersebut.

“Ya, tentunya korban dan terduga harus mau untuk dilakukan tes DNA. kalau satu diantara mereka tidak ada yang mau ya percuma, sebab tes ini membutuhkan kesepakatan kedua belah pihak,” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Borong Premium, 16 Ranmor Diamankan Polisi

Baca Juga

Selama Juli, 12 Pelaku Curanmor dan Penadah Dibekuk Polisi

Probolinggo – Polres Probolinggo Kota (Polresta) berhasil membekuk 12 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) beserta …