DITANGKAP: RN ditangkap polisi setelah 3 bulan jadi buron. (foto: Polsek Pasirian)

Tiga Bulan Buron, Residivis Maling HP Akhirnya Diringkus Polsek Pasirian 

Lumajang,- Polsek Pasirian, Polres Lumajang, menangkap RN (35), warga Dusun Umbul, Desa Sememu, Kecamatan Pasirian. Ia diringkus pihak berwajib lantaran diduga kuat terlibat dalam pencurian handphone (HP).

Kapolsek Pasirian AKP Agus Sugiharto mengatakan, penangkapan dilakukan ketika RN berada di Jalan Raya Dusun Suko, Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 01.00 WIB.

“Kejadian pencurian HP terjadi pada Kamis, tanggal 19 Januari 2023 sekitar pukul 02.30 WIB, di Dusun Umbul, Desa Sememu,” kata Agus, Jumat (28/4/2023).

Agus menyebut, sebelum ditangkap RN sudah masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) kasus pencurian 2 unit HP. Status DPO diberikan polisi lantaran RN kabur saat akan ditangkap.

Pencurian HP bermula ketika RN berhasil masuk ke dalam rumah korbannya lantas mengambil HP merk Realme yang saat itu dicharge di ruang tengah. Selain itu, ia juga mengambil HP lain merk VIVO yang tersimpan dalam kamar tidur.

Selanjutnya, pelaku membawa satu tabung gas LPG 3 kilogram yang pada saat itu berada di dapur korban.

“Setelah berhasil membawa dua HP dan satu tabung gas, pelaku kabur melalui pintu dapur belakang,” jelas Agus.

Agus menambahkan, RN tercacat merupakan residivis perkara pencurian televisi pada tahun 2007. Ia lantas menjalani hukuman 10 bulan.

Begitu bebas, RN kembali berulah. Kala itu ia mencuri rokok pada tahun 2010 sehingga harus kembali hidup dalam sel tahanan selama 10 bulan. Terakhir, RN dipenjara selama 12 bulan lantaran terlibat dalam Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) pada tahun 2013 silam.

“Saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan diserahkan ke Satreskrim Polres Lumajang,” ungkap Agus.

Sebelum menciduk RN, polisi sebelumnya telah mencokok BT. Dua sekawan ini terbukti sebagai dua pelaku pencurian HP di Dusun Umbul, Desa Sememu, Kecamatan Pasirian. (*)

Baca Juga  Konsumsi Sabu, 2 Pegawai Honorer Pemkab Lumajang Diringkus Polisi

 

Editor: Mohamad S

Publisher Zainul Hasan

Baca Juga

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota …