Tangkapan layar video pasca terjangan puting beliung yang di wilayah Kecamatan Pasrujambe, Kab. Lumajang.

Diterjang Puting Beliung, 4 Rumah Warga Lumajang Porak-poranda

Lumajang,- Angin puting beliung menerjang Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe, kabupaten Lumajang, Jumat (28/4/2023) Siang. Akibatnya, empat rumah milik warga rusak parah pada bagian atapnya.

empat rumah semi permanen tersebut diketahui milik Samsul Huda, Samsul Arifin, Sholehudin dan Samsul Bachri. Rumah korban rata-rata mengalami kerusakan pada plafon dan atap, yang terbuat dari genteng dan seng.

Menurut korban puting beliung, Samsul Huda, musibah itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Saat peristiwa terjadi, hujan dengan intensitas sedang mengguyur kawasan tersebut.

“Untuk awal kejadiannya saya tidak tahu pasti, yang jelas ada angin kencang dan membuat atap rumah warga berjatuhan,” kata Samsul.

Menanggapi hal itu, Camat Pasrujambe, Mohamad Saiful mengimbau kepada seluruh perangkat Desa Kertosari untuk sosialisasi dini kepada seluruh warganya.

“Saya minta lurah, desa dan rukun warga untuk segera melakukan sosialisasi tentang kebencanaan,” ujarnya Saiful.

Saiful melanjutkan, pihaknya akan kerjasama dengan BPBD Lumajang untuk sosialisasi kebenaran kepada warga di Kecamatan Pasrujambe.

“Alhamdulillah, musibah ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian material diperkirakan puluhan juta,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi, mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dinihari dengan intensitas lebat disertai angin kencang.

Saat ini, dijelaskan Patria, curah hujan di Kabupaten Lumajang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan angin kencang.

“Kami BPBD Lumajang mengimbau warga yang tinggal di sekitar aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir,” katanya menjelaskan.

“Untuk saat ini, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam dapat meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi resiko kebencanaan,” imbuhnya. (*)

Editor Mohamad S
Publisher Zainul Hasan

Baca Juga  Innalillah, Bidan Puskesmas Ketapang Meninggal Terpapar Covid-19

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …