Tangkapan layar video proses evakuasi warga ke tempat pengungsian. (kreator: Asmadi).

Banjir Lahar Hujan Terjang Lereng Semeru Lumajang, Ratusan Warga Mengungsi

Lumajang,- Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Kamis (18/4/24) sore, membawa bencana. Kawasan lereng Semeru diterjang banjir lahar hujan, bahkan membuat ratusan warga mengungsi.

Pantauan PANTURA7.com, lahar hujan menerjang sepanjang aliran Sungai Besuk Lengkong dan Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. Tak hanya itu, tanggul pengaman yang berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, juga jebol.

Warga Desa Supit Urang, Haryanto (40) menyampaikan, ia bersama warga yang lain dan dibantu relawan lainnya, terpaksa mengevakuasi warga yang berada di bantaran sungai.

“Kami terus bekerjasama untuk mengevakuasi warga yang berada disl sekitaran sungai agar tidak sampai ada korban jiwa,” kata Hariyanto.

Menurut Haryanto, getaran banjir lahar hujan Gunung Semeru menpai 40 mm. Hal itulah yang membuat warga yang rumahnya berada di kawasan bantaran sungai untuk sementara mengungsi ke titik lokasi lebih aman.

“Tadi getaran banjir sampai 40 mm, pada saat itu, kami langsung bergegas membawa warga yang berada di kawasan sungai untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tuturnya.

Kapolsek Pronojiwo, Iptu Wahono Pudji Santoso menyebut, saat ini pihaknya berada di lokasi untuk mengamankan warga yang berada di bandaran sungai yang ada di kawasan Pronojiwo.

“Saat ini kami sudah mengevakuasi beberapa warga yang berada didekat sungai, jumlahnya ratusan orang,” terang Kapolsek singkat. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Truk Boks Sasak Carry Berpenumpang Emak-emak di Grati, Belasan Orang Luka-luka

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …