SD Negeri di Kab. Probolinggo Sepi Peminat, Ada yang Hanya 3 Pendaftar

Krejengan,- Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Probolinggo mengaku kesulitan mendapatkan anak didik baru pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini.

SD Negeri Opo-opo 1 Krejengan, misalnya. Pada tahun ajaran baru ini, sekolah plat merah ini hanya mempunyai lima orang peserta didik baru.

Kepala SDN Opo-opo 1 Krejengan, Sulha mengatakan, sulitnya sekolah dasar negeri mendapatkan anak didik karena dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya, fanatisme tokoh yang masih melekat erat.

Selain itu, imbuhnya, banyaknya sekolah swasta yang sederajat dengan SD di satu wilayah membuat anak didik mempunyai opsi untuk memilih lembaga pendidikan tertentu.

“Seperti di sini ada tiga lembaga yang sederajat dengan SD, ada dua Madrasah Ibtida’iyah (MI). Dan itu pun jaraknya tidak terlalu jauh ya sekitar 200 sampai 300 meter,” kata Sulha saat ditemui di kantornya, Rabu (20/7/22).

Selain itu menurut Sulha, faktor gedung dan fasilitas di SDN yang kurang memadai membuat SDN sepi peminat. Sulha mengaku baru-baru ini saja sDN Opo-opo 1 mendapatkan bantuan pengadaan gedung.

“Bisa dilihat sendiri gedung SD kami hanya tiga lokal, jauh dari kata cukup. Setidaknya kan ada 6 ruang, artinya satu ruang untuk satu kelas,” curhatnya.

Warga Desa Opo-opo, Nurul Hidayati (50) mengatakan, pertimbangan materi pelajaran turut mempengaruhi masyarakat sekitar dalam memilih lembaga pendidikan untuk anak-anaknya.

Jika sekolah di SDN, jelas Nurul, anak didik dibekali mayoritas ilmu pengetahuan umum. Namum kurang mendapatkan porsi lebih banyak soal ilmu agama, termasuk soal pengetahuan tentang akhlak.

“Kalau ilmu umum itu kan tinggal baca buku-buku pelajaran umum itu. Tapi untuk ilmu agama, memang harus betul-betul ada gurunya, artinya butuh bimbingan dan yang dicontoh pastilah gurunya itu,” urainya.

Baca Juga  Mudik Lebaran 2022, ini Titik Kemacetan dan Rawan Laka di Pasuruan

Tak hanya SDN Opo-opo 1 Krejengan, sekolah lain milik pemerintah yang sepi peminat diantaranya adalah SDN Sindetlami II Besuk. Di sekolah ini, tercatat hanya ada 3 peserta didik baru yang mendaftar. (*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …