Rapid Test Antigen, Ulama Kota Probolinggo Non Reaktif

WONOASIH-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Bagian Kesra dan Dinas Kesehatan P2KB melakukan rapid test antigen Covid-19 dan posbindu di klinik NU, Jalan Mastrip, Kecamatan Wonoasih, Selasa (22/12/2020) siang. Sebanyak 40 ulama diundang dalam test tersebut.

“Kami usulkan ke Dinkes P2KB dan tes rapid antigen ini disetujui. Melalui kegiatan ini kami berharap para ulama bisa menyebarluaskan informasi ke masyarakat tentang bahaya Covid-19, mengingat masih ada ketidakpercayaan tentang virus ini,” ujar Kabag Kesra Pemkot Probolinggo, Agus Dwiwantoro.

Agus menambahkan, jumlah ulama yang diundang ada 40 orang, sementara jumlah seluruh ulama di Kota Probolinggo lebih dari 100 orang. Ia berharap, bisa melaksanakan kegiatan tersebut secara bertahap dengan melihat kondisi yang ada.

“Para ulama ini adalah guru kita. Alhamdulillah responnya sangat luar biasa dan antusias mengikuti rapid antigen ini. Tes ini untuk untuk menjaga kesehatan dan keluarga di rumah, karena ulama banyak didatangi tamu atau masyarakat,” paparnya.

Sebelum menjalani rapid antigen, para ulama didata lalu menjalani tes dengan pengambilan lendir melalui hidung. Setelah dinyatakan non reaktif Covid-19, mereka menjalani pemeriksaan posbindu.

Ketua PD Muhammadiyah Masyfuk mengaku bersyukur mendapat undangan pemeriksaan kesehatan. Menurutnya, melalui kegiatan itu dapat diketahui siapa yang terkonfirmasi sehingga ada tindaklanjut untuk penyembuhan.

Masyfuk menyadari, pemahaman masyarakat di Kota Probolinggo tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan (prokes) tidak sama. Namun, ajakan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, harus selalu diserukan.

“Kepada masyarakat, karena pandemi ini belum menunjukan tanda-tanda penurunan maka diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada,” tutur Masyfuk usai menjalani rapid test.

Kiai Abdul Azis RM menyebut, ulama sering berinteraksi dengan masyarakat. Di satu sisi, ulama saat bertemu masyarakat atau menghadiri undangan, ulama tidak mungkin menolak disalami.

Baca Juga  Wali Kota Sidak Prokes Museum Rasullullah, Apa Hasilnya?

“Oleh karenanya, tes rapid (antigen) ini sangat berarti sebab kesehatan dari para ulama akan diketahui semuanya. Alhamdulillah, saya dan para ulama lainnya hasilnya non reaktif,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …