Pembabat Bibit Mangrove Pantai Duta Diburu Polisi

PAITON-PANTURA7.com, Pengrusakan ribuan bibit mangrove oleh orang tak dikenal di Pantai Duta Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, berlanjut ke ranah hukum.

Pengelola Mangrove Centre Probolinggo (MCP) Pantai Duta melaporkan aksi sepihak itu ke pihak berwajib. Pelaporan ke Polsek Paiton di Sabtu (12/12/2020).

“Karena pengrusakan ini sudah terjadi dua kali. Pertama penebangan pohon cemara pada tahun 2013, dan sekarang bibit mangrove. Kalau dibiarkan seperti ini, khawatir kedepannya terjadi lagi,” kata Ketua MCP Pantai Duta, Abdul Aziz, Minggu (13/12/2020).

Pelaporan pengrusakan bibit pohon mangrove tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Paiton, AKP Noer Choiri. Menurutnya, pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut pasca melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Kita sudah mendatangi TKP. Mulai hari ini kita akan lakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, termasuk korbannya, baru setelah itu kita kembangkan lagi dan mencari tahu siapa pelakunya,” ujar Kapolsek.

Pasca olah TKP, lanjut Kapolsek, pohon yang rusak dan tak dapat di tanam lagi itu sekitar 1500 bibit. Sedangkan sisanya dari jumlah laporan total 5000 bibit itu masih dapat di tanam kembali, karena hanya mengalami kerusakan dibagian tunas.

“Hanya saja pertumbuhannya membutuhkan jangka waktu lebih lama lagi, kurang lebih satu bulan. Sebenarnya di musim penghujan ini kelompok mangrove mulai menanam, tapi karena di rusak, otomatis dibatalkan,” ungkap mantan Kapolsek Kotaanyar ini.

Sekedar informasi, ribuan bibit pohon mangrove di Pantai Randutatah (Duta) Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dirusak orang tak bertanggung jawab pada Minggu (6/12/2020) lalu. Kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Real Count KPU Capai 87 Persen, 7 Caleg ini Diprediksi Lolos ke Senayan dari Dapil 2 Jatim

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …