Lockdown RSUD Waluyo Jati Kraksaan Diperpanjang

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Penutupan sementara atau lockdown Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo diperpanjang. Padahal sedianya, hari ini rumah sakit plat merah itu sudah beroperasi normal.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono menjelaskan, normalisasi pelayanan di RSUD Waluyo Jati ditunda karena hasil swab tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di rumah sakit tersebut belum keluar.

“Kalau dipaksakan untuk dibuka sesuai rencana (semula), tentu akan kekurangan tenaga kesehatan, dan juga status kesehatannya masih belum jelas,” kata dr Shodiq, Sabtu (22/8/2020).

Mantan Ketua PMI Kabupaten Probolinggo menambahkan, situasi serupa juga terjadi untuk Puskesmas Maron. Awalnya, Puskesmas Maron akan dibuka pada Senin (24/8/2020). Namun rencana itu akan dikaji ulang karena hasil swab nakes belum sepenuhnya keluar.

“Dari total 60 orang tenaga kesehatan, yang dinyatakan negatif sebanyak 15 nakes, sisanya masih belum turun. Kalau semua hasil swabnya keluar, operasional Puskesmas Maron akan dibuka kembali,” papar dia.

Penutupan Puskesmas Maron maupun RSUD Waluyo Jati Kraksaan, menurut dr. Shofiq, dilakukan karena nakes di 2 tempat kesehatan itu menjalani tes swab hingga mereka diketahui terpapar Covid-19 atau tidak.

Selain itu, dikatakannya, Puskesmas Maron dan RSUD Waluyo Jati ditutup karena tengah proses sterilisasi pasca disemprot cairan desinfektan, beberapa hari yang lalu.

“Untuk sementara masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan dialihkan ke Puskesmas dan rumah sakit terdekat, sampai hasil swab keluar dan layanan dibuka kembali,” ujar pria yang baru menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo ini.

Sekedar informasi, RSUD Waluyo Jati Kraksaan tutup operasional sejak Rabu (19/8/2020) pukul 00.00 WIB sampai pada Jum’at (21/8/2020) pukul 24.00 WIB. Pelayanan ditutup setelah direktur rumah sakit, dr MS, terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga  Ada Nakes Terpapar Covid-19, IGD RSUD dr R Soedarsono Tutup

Sementara, Puskesmas Maron ditutup oleh Tim Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo sejak Senin (17/8/2020). Penutupan dilakukan selama sepekan karena ada nakes yang positif terpapar Covid-19. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …