Nelayan-ABK Mayangan Tuntas Jalani Vaksinasi Tahap II

MAYANGAN,- Pol airud Polres Probolinggo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan akhirnya menuntaskan vaksinasi bagi nelayan dan Anak Buah Kapal (ABK). Kini para nelayan dan ABK yang berada di kawasan Pelabuhan Mayangan, sudah divaksin.

Tidak mudah untuk mempercepat vaksinasi tahap 2 bagi para pekerja laut ini. Sebab petugas harus jemput bola dengan cara mendatangi satu persatu nelayan dan ABK yang tengah berlayar.

“Hari ini kita kembali melakukan vaksinasi kepada nelayan dan ABK dengan cara jemput bola. Cara seperti ini juga kita lakukan saat vaksinasi nelayan dan ABK pada tahap pertama,” ujar Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno, Selasa (14/9/22).

Dijelaskannya, sampai sejauh ini sudah ada sekitar 500 nelayan dan ABK di kawasan Pelabuhan Tanjung Tembaga Mayangan, yang sudah disuntik vaksin. Baik tahap 1 maupun vaksinasi tahap 2.

Namun demikian, imbuh Slamet, jumlah nelayan dan ABK bisa berubah lantaran para pekerja laut itu mobilitasnya tinggi. Biasanya mereka berpindah tempat guna mencari tangkapan ikan yang lebih baik.

“Tidak hanya jemput bola, sebagian nelayan dan ABK yang memiliki waktu senggang juga menjalani vaksinasi di kantor Polirud Polres Probolinggo. Dengan demikian, upaya pemerintah untuk mendorong percepatan vaksinasi dapat terus berjalan,” tandasnya.

Salah satu nelayan penerima vaksin, Median Syahputra mengatakan, ia merasa lega sudah menuntaskan vaksinasi tahap pertama dan kedua. Sebab selama bersandar di sejumlah pelabuhan, vaksinasi Covid-19 selalu menjadi syarat utama.

“Vaksinasi tahap ke dua ini dapat mempermudah kapal untuk sandar. Selain itu, saya tentu berharap pandemi ini segera berakhir agar kami dapat bekerja dengan normal,” harap ABK asal Sulawesi Selatan ini. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Batubara PLTU Paiton Dinilai Ganggu Ekosistem, Aktivis Lingkungan Protes

Baca Juga

Genjot Target Capaian dengan Lomba Vaksin Antar Dusun

TEGALSIWALAN,– Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo melakukan terobosan inovasi untuk meningkatkan capaian …