Ratusan Sekolah di Kabupaten Probolinggo PTM Terbatas

PROBOLINGGO,- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memperluas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Yakni, dengan menambah jumlah uji coba PTM terbatas mulai dari tingkat Kelompok Bermain (KB), TK, SD hingga SMP serta Pendidikan Non Formal (PNF).

Kini, jumlah lembaga yang melakukan uji coba PTM terbatas mencapai 874 lembaga. Meliputi, 63 lembaga Kelompok Bermain (KB), 238 lembaga TK, 510 lembaga SD dan 63 lembaga SMP. Sebelumnya, dilaksanakan di 136 lembaga pendidikan.

“Kalau sebelumnya 136 lembaga pendidikan, meliputi 24 lembaga KB, 24 lembaga TK, 48 lembaga SD dan 40 lembaga SMP. PTM ini sudah sesuai dengan hasil monev PTM terbatas,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rosi, Selasa (14/9/2021).

Mengenai aturan yang diterapkan dalam uji coba PTM terbatas ini, menurutnya, sama dengan sebelumnya. PTM terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50% untuk jenjang SD dan SMP. Sedangkan untuk jenjang PAUD maksimal 33%.

“Salah satunya, dilaksanakan dengan ketentuan guru dan tenaga kependidikan yang melaksanakan pembelajaran sudah dilakukan vaksinasi. Peserta didik yang diutamakan yang sudah melaksanakan vaksinasi (usia 12-17 tahun),” jelas Rosi.

Selain itu, lanjut Rosi, PTM terbatas dilakukan secara bergantian (shift learning) dengan durasi pembelajaran untuk jenjang SMP dan SD kelas III-VI lama pembelajaran maksimal 8 jam pelajaran per hari dengan jeda istirahat 15 menit di dalam kelas.

“Jenjang SD kelas I dan II lama pembelajaran maksimal 6 jam pelajaran per hari dengan jeda istirahat 15 menit di dalam kelas. Jenjang PAUD maksimal selama 4 jam pelajaran per hari tanpa jeda istirahat di luar kelas,” ujarnya. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Pulisher:

Baca Juga  Bidik Generasi Emas, Program ‘Sehat dengan Isi Piringku’ Diluncurkan

Baca Juga

Probolinggo Bebas Zona Merah, Dispendik Akan Perluas PTM

PROBOLINGGO,- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Pendidikan Anak Usia …