Siswa Nekat Seberangi Sungai Aliran Erupsi Semeru

Lumajang, – Demi menimba ilmu, sejumlah siswa nekat pergi ke sekolah dengan menyeberangi material erupsi Semeru di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (8/12/2022).

Para orangtua dari siswa siswi ini mengantar anaknya hingga ke seberang sungai untuk bisa sekolah. Puluhan warga dari Desa Jugosari terlihat ada yang menuntun dan menggendong supaya anaknya bisa sekolah di Dusun Sumberkajang.

“Kalau biasanya ya anak-anak berangkat sendiri, tapi kalau kondisinya seperti ini ya harus diantar orangtua, kan bahaya buat anak-anak,” kata Slamet, seorang warga di Dusun Sumberlangsep.

Dusun Sumberlangsep yang terisolasi karena erupsi pada Sabtu (4/12/2022) kemarin. Sebab, jembatan limpas yang menghubungkan Dusun Sumberlangsep dan Dusun Sumberkajang tertimbun material erupsi.

Tampak tumpukan pasir dan batu berukuran besar bertengger di tengah jembatan sepanjang 80 meter itu.

Sebenarnya, jembatan limpas itu sempat dibersihkan oleh warga setempat untuk memudahkan akses jalan pada Selasa (6/12/2022) sekira pukul 10.00 WIB.

Namun, dua jam kemudian banjir lahar kembali terjadi dan membuat timbunan baru di atas jembatan limpas. Secara otomatis jembatan sudah tidak bisa dilewatinya lagi.

“Banyak warga yang mengeluhkan hal ini, cuman ya bagaimana, ini sudah kejadian alam,” katanya.

Slamet berharap, agar pemerintah segera memberi cara agar masyarakat yang mau ke wilayah Kecamatan Candipuro bisa dicarikan solusi.

“Sebab, banyak dari keluarga kami yang ada di Desa Candipuro ingin melihat keadaan kami pascaerupsi kemarin,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Nikmatnya Durian Kembang, Durian Eksotik Khas Lumajang 

Baca Juga

Disdikdaya Data Guru Jadi Penyelenggara Pemilu, Ada Apa?

Probolinggo,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo mulai mendata Aparatur Sipil Negara (ASN) di …