Status Kepemilikan Tanah Tak Jelas, Perbaikan SDN Plaosan ‘Ngambang’

KRUCIL,- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo berencana mengajukan perbaikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Plaosan 03, Kecamatan Krucil. Namun, rencana tersebut masih terkendala status kepemilikan tanah yang masih belum final.

Kabid Pembinaan SD Dispendik Kabupaten Probolinggo, Sri Agus Indaryati mengatakan hingga saat ini pihaknya masih belum menerima kejelasan tentang hak kepemilikan atas tanah yang ditempati sekolah.

“Tanah yang ditempati sekolah masih belum ada kejelasannya, jadi belum bisa diajukan, karena memang kepemilikan tanah sekolah belum jelas. Namun, nota dinasnya sudah mulai kami proses,” katan Sri, Senin (28/6/2021).

Oleh karena itu, lanjut Sri, pihaknya meminta Kepala SDN Plaosan 03 segera menjelaskan persoalan tersebut. Jika nantinya tanah tersebut memang betul-betul milik sekolah dan bukan milik warga, maka dinas akan mengirimkan nota dinas kepada bupati.

“Kami sudah menyampaikan kepada kepala sekolahnya, jadi sementara ini kami masih menunggu keterangan dari beliaunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Ya tentunya biar jelas, tanah tersebut sebenarnya milik siapa,” ujarnya.

Jika kepemilikan tanah sekolah sudah jelas, maka sambungnya, pihaknya segera mengajukan nota dinas ke bupati agar sekolah tersebut dapat segera diperbaiki dan kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan kembali.

“Pasca nota dinas diajukan, perbaikan bisa dimulai. Tergantung disposis dari bupati nantinya, apa itu Perkim atau PUPR yang akan memperbaiki. Yang jelas bukan kami, karena ini masuk bencana alam,” terangnya.

Diketahui, hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Minggu (20/6/2021) menyebabkan tanah longsor. Akibatnya, bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Plaosan 3 di Desa Plaosan, Kecamatan Krucil roboh.

Namun bangunan SDN Plaosan 3 itu diketahui roboh baru pada Senin (21/6/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut.(*)

Baca Juga  Tingkatkan Layanan Pendidikan, Dispendik Gelar Seleksi Guru dan Kepsek Berprestasi

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …