Dengan Segelas Teh, Siswa SMK di Kota Probolinggo ‘Pede’ Hadapi UNBK

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dijadwalkan pada Senin (2/4/2018), secara serentak di SMA/SMK dan sederajat kini sudah dimulai. Bermacam cara pun dilakukan sekolah demi mensukseskan anak didiknya dalam mengikuti ujian.

Salah satunya SMKN 1 Kota Probolinggo. Sebelum melaksanakan ujian, siswa melaksanakan do’a bersama. Namun tak sekedar do’a bersama, uniknya dalam acara ini para siswa-siswi diharuskan meminum segelas teh untuk rileksasi.

Sebanyak 346 siswa terdiri dari 5 kelas di SMKN 1 Kota Probolinggo, diharuskan meminun segelas teh hangat yang disediakan oleh pihak Sekolah. Tujuannya, untuk memberikan rasa tenang dan fikiran jernih bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Probolinggo, Didik Purwandi mengatakan, terdapat empat mata pelajaran yang diujikan selama empat hari, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

“Ini hari pertama dalam uji UNBK, dan untuk menghadapinya kami sudah melakukan berbagai cara agar siswa kami lulus dengan baik mas, seperti Try Out dan belajar kelompok. Tidak lupa kami juga berdo’a dan minum teh seperti ini, dengan harapan siswa-siswi tenang dan santai dalam melaksanakan ujian,” jelas Didik.

Dengan terapi teh, kata Didik, pihaknya optimis para peserta didik dapat mengerjakan ujian dengan lancar dan dapat lulus dengan nilai terbaik. “Karena piikirannya tenang, saya yakin anak-anak bisa mengerjakan ujian dengan baik dan mendapat nilai memuaskan,” tambahnya.

Salah satu siswi SMKN I Kota Probolinggo, Andriani menyambut terapi teh ini dengan positif. Sebab menurutnya, minum teh sebelum melaksanakan UNBK membantu mencairkan ketegangan sebelum mengikuti ujian. “Alhamdulillah, saya apresiasi usaha sekolah untuk memberikan rasa tenang kepada kami,”. (*)

 

Penulis : Moch. Ali Gufron
Editor : Zulkifly

Baca Juga  Miris, 20 Ribu Perawat di Jawa Timur Masih Menganggur

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …