Goes To Campus, PWI Probolinggo Ajak Mahasiswa Unuja Melek Digital

Paiton,- Pasca Goes To Campus di Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong, Februari lalu, kali ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya menggelar kegiatan serupa di Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, Kamis (24/3/22).

Kegiatan bertajuk ‘Goes To Campus Menuju Kabupaten Probolinggo Menjadi Kabupaten Santri dan Launching Sekolah Jurnalistik’ itu digelar dengan protokol kesehatan ketat, selain menjaga jarak dan memakai masker, peserta juga terbatas dari kalangan mahasiswa dan santri.

Pemateri kegiatan yang digelar di Aula Pesantren adalah, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Yulius Christian, serta Ketua PWI Probolinggo Raya, HA. Suyuti.

Suyuti mengatakan, Goes To Campus merupakan progam PWI untuk menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi di lingkungan pesantren.

Dikatakan Suyuti, era globalisasi dan digitalisasi, perkembangan informasi sangat luar biasa, sehingga mau tidak mau harus diterima berbagai kalangan. Oleh karena itu, PWI dituntut berperan serta sehingga perkembangan itu menjadi hal positif.

“Perlu diketahui dan disadari, siapapun bisa jadi wartawan tanpa sekolah, bisa menyebarkan informasi di media sosial. Akan tetapi dalam konsep jurnalistik ada konsep lain dalam hal menyebarkan informasi, sehingga bisa menjadi berita dan layak disampaikan,” tutur Suyuti.

Sementara itu, Rektor Unuja Rektor, KH. Abdul Hamid Wahid mengatakan, jika perkembangan media sosial (medsos) sangat luar biasa dan tidak bisa dibendung. Sehingga, berdampak pada banyaknya sumber informasi positif dan bahkan negatif.

“Oleh karena itu, kami di sini menyediakan ruang tersendiri bagi mahasiswa agar bisa melek teknologi, salah satunya agar nantinya bisa memberikan informasi bermanfaat kepada masyarakat dan mencegah informasi negatif,” ungkapnya. (*)

Baca Juga  Korupsi DD-ADD Rp689 Juta, PJ dan Bendahara Desa Pakuniran Ditahan

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Exfesh 2024 di Genggong Tuntas, ini Dia Para Jawaranya

Probolinggo,- Kompetisi antar pelajar Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul …