Kapolresta: Seluruh Gereja Terapkan Prokes Ketat Saat Natal

Probolinggo – Untuk memastikan kesiapan tempat ibadah menjelang perayaan Natal, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani melakukan pemantauan ke sejumlah gereja, Senin siang (20/12/21). Dari pemantauan ini, seluruh gereja sudah siap menyambut jemaat dengan menerapkan protokel kesehatan (prokes) yang ketat.

Empat gereja didatangi kapolresta yakni, Gereja Maria Bunda Karmel (GMBK), Gereja Kristus Tuhan, Gereja GPIB Immanuel, dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW). Selain memantau kesiapan pihak gereja menyambut hari Natal, kapolreta juga memantau kesiapan terkait prokes selama perayaan Natal.

“Dari pemantauan yang saya lakukan, seluruh gereja sudah menerapkan prokes yang ketat, mulai dari tersedianya hand sanitizer hingga membatasi jemaat yang nantinya datang saat perayaan Natal, yakni 50% dari kapasitas,” ujar AKBP Wadi Sa’ bani.

Selain prokes ketat, gereja yang nantinya akan menggelar perayaan Natal mulai Jumat sore, masing – masing gereja juga akan menambah petugas . Petugas ditempatkan di pintu masuk untuk memantau setiap jemaat yang datang dan melakukan pemeriksaan.

“Untuk memberikan rasa aman dan lancarnya peribatan Natal, kami telah menyiapkan 1.300 personel gabungan TNI- Polri dan Pemkot Probolinggo, yang nantinya akan ditempatkan di seluruh gereja, dan lokasi- lokasi yang dianggap rawan,” kata kapolresta.

Sementara salah satu Pendeta Gereja Kristus Tuhan, Pendeta Gunawan mengatakan, selama peribadatan berlangsung, pihak gereja akan menerapkan prokes yang ketat, bahkan dengan pembatasan pembatasan jumlah jemaat.

“Sesuai arahan Tim Satgas Covid-19 Kota Probolinggo, selama peribadatan berlangsung, baik jemaat, hingga pendeta akan menerapkan prokes yang ketat. Bahkan selama peribadatan wajib memakai masker, sehingga kami dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …