APDI Probolinggo Siap Kawal Pemerintah Desa

PRBOLINGGO,- Pengurus Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Cabang Kabupaten Probolinggo dilantik di KPRI Prastiwi Kecamatan Dringu, Senin (20/12/2021). Organisasi ini merupakan angkatan pertama sekaligus kepengurusan perdana.

Pelantikan sekaligus launching APDI tersebut dihadiri langsung oleh Staf Khusus Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Malik Haramain dan Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, serta APDI Jatim dan sejumlah pejabat lainnya.

Usai pelantikan tersebut, Timbul mengatakan, lahirnya APDI ini memang sangat dibutuhkan. Tentunya untuk mencapai tujuan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Probolinggo, terlebih juga bisa membantu meningkatkan kapasitas pemerintah desa.

“Kami berharap (APDI Kabupaten Probolinggo) nanti mampu mendampingi untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam proses perencanaan dan sebagainya, termasuk juga untuk kebaikan pembangunan di daerah kita,” kata Timbul.

Sementara itu, Abdul Malik Haramain mengatakan, seorang pendamping juga harus mampu menularkan paradigma berpikir yang membangun kepada masyarakat. Sehingga tidak menjadikan desa sebagai objek melainkan harus dijadikan subjek.

“Tentunya agar dapat memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat, dan juga harus membantu memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD). Agar pembangunan desa segera tuntas dan dinikmati oleh masyarakat,” ungkap politisi PKB ini.

Terpisah, Ketua APDI Kabupaten Probolinggo, Abdur Rahman menyampaikan, adanya organisasi ini memang akan menjadi mitra dari pemerintah untuk pembangunan desa ke depan. Pihaknya, juga berencana untuk mengawal untuk perencaan pembangunan desa ke depan.

“Ini juga bisa menjadi wadah bagi semua pelaku pemberdayaan desa dan dapat memastikan perencanaan sesuai aturan, sehingga nantinya pemerintah di tingkat desa tidak sampai salah sasaran ataupun penggunaannya,” tutur Rahman dalam sambutannya. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Rumah Sakit Ar-Rozy Disidak, Ditemukan Paving Bergelombang dan Rusak

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …