Dilepas di Probolinggo, 680 Merpati Adu Balap Finish di Purbalingga

MAYANGAN-PANTURA7.com,Ini bukan burung dara yang biasa menjadi menu lezat di restoran hingga warung kaki lima. Tetapi, merpati pos yang memiliki kehebatan menjelah antar daerah.

Kali ini ratusan merpati pos dilepas di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/8/2020). Finish-nya Purbalingga, Jawa Tengah.

Kurang lebih 680 merpati pos mengikuti lomba balap merpati tingkat nasional yang digelar paguyuban Perhimpunan Olahraga Merpati Pos (POMP) Nagamas. Ini even ketiga kejuaraan balap merpati jarak jauh, yang dihelat POMP Nagamas.

Raturan burung merpati pos dilepas Sabtu pagi sekitar pukul 06.00. Burung-burung itu akan menempuh jarak udara 400 kilometer (km) atau 650 km jarak darat.

“Untuk sampai di Purbalingga, merpati pos membutuhkan waktu selama delapan jam atau akan tiba sekira pukul 13.00,” kata Ketua Paguyuban Burung Merpati Pos, Sarwo Edy Wibowo.

Namun kendati demikian, Edy memperkirakan, tidak semua burung bisa mencapai titik finish. Biasanya, ada sekitar 10-20 persen burung justru hilang di perjalanan atau gagal finish.

Sementara itu, mengingat ini even nasional, maka peserta yang terlibat tidak hanya berasal dari satu wilayah. Tim Konveyor, Heri mengatakan, peserta lomba merpati pos ini dari Purwokerto, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara.

”Jarak tempuhnya berbeda-beda. Nanti diukur titik kordinatnya dihitung sendiri-sendiri untuk kecepatannya,” katanya.

Menurut Heri, merpati pos yang di luar negeri dinamakan rock pigeon. Merpati jenis ini kali pertama ditemukan di Eropa, Afika Utara, dan Asia Barat. Habitat aslinya merupakan kawasan perbukitan dan biasa bertengger di dahan pohon tertinggi.

Hingga pada akhirnya merpati pos dilatih agar bisa berkirim pesan rahasia, khususnya dalam kondisi perang. Kini, para peternak berlomba menghasilkan ras merpati pos unggul dengan cara kawin silang.

Baca Juga  Dari Hobi Akhirnya Jadi ‘Kampung Koi’

“Kawin silang antara beberapa ras dari Belgia dan Inggris itu akhirnya menciptakan merpati yang kuat dan memiliki ketahanan tubuh lebih baik. Mampu terbang tinggi dan menemukan jalan pulang dari jarak jauh,” urai Heri.

Sementara itu,hadiah lomba,bagi juara 1, 2, dan 3 bisa membawa pulang sepeda motor. Rencananya, dalam partai final, nantinya merpati pos akan dilepas di wilayah Sumbawa.(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …