Gubernur: Probolinggo Akan Punya Museum Religi

KANIGARAN-PANTURA7.com,Usai melakukan kunjungannya ke SMAN 2 dan SMKN 2 dalam rangka uji coba pelaksanaan sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri singgah di Rumah Dinas Walikota Probolinggo, Selasa siang (18/8/2020). Di rumah dinas tersebut tersimpan barang- barang artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan sahabat nabi.

“Alhamdulillah ini sangat bagus dan insya Allah untuk Kota Probolinggo bakal memiliki museum baru yaitu museum religi. Dan ini akan menjadikan kota pertama di Jatim, yang menjadi jujukan dunia seperti Malaysia, Brunai, dan negara lainnya,” kata gubernur.

Mantan Mensos itu menegaskan,khazanah peninggalan Rasulullah SAW dan sahabatnya itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Yakni untuk lebih mengenal Rasulullah SAW yang menjadi uswatun hasanah.

“Menjadi inspirasi untuk meneladani Rasululullah SAW. Menjadi inspirasi generasi muda untuk mempelajari sejarah Rasulullah SAW. Dengan ini pula, semoga umat Islam mendapatkan keberkahan dan mengambil pelajaran dari Rasulullah saw,” tambahnya.

Sebagai informasi, artefak tersebut dibawa dari Makkah dan Madinah, Turki, Syria dan lainnya yang terdiri dari puluhan macam peninggalan. Benda-benda tersebut sempat dipamerkan kepada sebagian publik di Probolinggo.

Perempuan yang juga mantan Ketua Umum PP Muslimat NU itu menambahkan, Kota Probolinggo ke depan bakal bisa menjadi ikon budaya Islam. “Mudah-mudahan bisa mengembalikan era kejayaan sebagai pusat budaya, pusat kajian seperti di masa lalu,” katanya.

Salah satu pengunjung, Dedy mengatakan, berbagai artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW tersaji di galeri ini. Di antaranya, rambut, janggut, sandal tapak kaki. Juga ada pedang peninggalan Khalid bin Walid dan lainnya.

“Orang yang ziarah ke Walilimo maupun Walisongo, belum tuntas kalau belum datang ke sini di Rumdin Walikota Probolinggo,” kata Dedy. (*)

Baca Juga  Ramadhan 'Ampuh' Turunkan Gugat Cerai di Kota Probolinggo


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …