Nakes Tertular Saat Tangani Pasien Covid-19, Puskesmas Maron Lockdown

MARON-PANTURA7.com, Puskesmas Maron ditutup sementara oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo di Puskesmas Maron. Pemicunya, ada beberapa tenaga kesehatan (Nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dampak kebijakan lockdown tersebut, seluruh pasien yang dirawat di Puskesmas Maron harus dialihkan. Pasien rawat jalan, dialihkan di 3 puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Klenang, Gending dan Condong.

Sedangkan bagi pasien rawat inap, dialihkan ke Puskesmas Desa Suko, kecamatan setempat. Belum diketahui pasti, berapa orang pasien yang harus dialihkan ke Puskesmas terdekat tersebut.

“Puskesmas Maron tidak melayani pasien, ditutup sejak kemarin (Senin) sore. Penutupan dilakukan selama seminggu ke depan, karena ada nakes yang positif Covid-19,” kata Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat, dr. Anang Budi Yoelijanto, Selasa (18/8/2020).

Saat ini, lanjut dr. Anang, Tim Gugus Tugas Covid-19 masih berupaya menelusuri atau melakukan tracking secara mendalam terhadap pegawai di Puskesmas Maron, yang memiliki kontak erat dengan pasien positif.

“Seluruh pegawai akan diperiksa untuk memastikan siapa saja yang positif.. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan rapid test dan swab. Jika pegawai sudah negatif, maka layanan di Puskesmas Maron akan kembali normal,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo ini menduga, Nakes di Puskesmas Maron terpapar Covid-18 akibat tertular saat memberikan layanan medis kepada pasien positif Covid-19. Namun ia tidak menjelaskan berapa nakes yang terinfeksi virus korona.

Saat ini, menurut dia, nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah menjalani isolasi di rumah sehat milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Kondisinya, imbuh dr Anang, sehat dan masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Sudah dalam pengawasan ketat dari tim medis. Kami imbau masyarakat tidak menyepelekan protokoler kesehatan, gunakan masker dan rajin mencuci tangan, agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” pintanya. (*)

Baca Juga  Klaster Ziarah Belum Tuntas, Disparpora Kota Pasuruan Nekad Studi Tur


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …