Banner dan Papan Reklame Berbahaya di Jalur Pantura Dicopot

KRAKSAAN,- Seringnya hujan turun dengan intensitas sedang hingga tinggi direspon pihak Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Probolinggo. Puluhan banner yang dinilai bisa membahayakan pengguna jalan di jalur pantura dicopot.

Pencopotan banner hingga papan reklame tak berizin dan dinilai membahayakan pengguna jalan di jalur pantura Probolinggo-Situbondo ketika hujan turun deras disertai angin kencang, Kamis (25/11/2021). Alhasil, ada sekitar 15 banner dan 5 papan reklame dicopot Satpol PP.

Kasi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Budi Utomo mengatakan, jika penertiban banner dan papan reklame yang membahayakan itu dimulai dari jalur pantura Kota Kraksaan hingga Kecamatan Paiton.

“Seperti biasa, meskipun beberapa kali sudah ditertibkan tetap saja bakal bermuculan lagi banner-banner baru, baik banner promosi untuk bisnis hingga banner partai. Tapi kali ini kami juga tertibkan reklame yang beresiko bagi pengguna jalan,” kata Budi.

Sebab, lanjut Budi, pihaknya juga tidak ingin mengambil resiko di kemudian hari jika nantinya ketika hujan turun lebat disertai angin kencang ada reklame di jalur pantura yang kondisinya sudah usang tiba-tiba jatuh lalu menimpa pengguna jalan.

“Kami juga nantinya yang pusing kalau sampai ada reklame jatuh gara-gara cuaca ekstrim kemudian terkena pengguna jalan atau warga. Apalagi jika itu reklame yang kondisinya sudah rapuh, jadi mengantisipasi kecelakaan ya kami tertibkan,” ujar Budi saat dikonfirmasi.

Selain itu, sambung Budi, penertiban banner dan papan reklame ini tetap jadi giat rutin pihaknya. Pasalnya, kata dia, tinggal beberapa pekan lagi akan ada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang sudah seharusnya keamanan dan ketertiban masyarakat harus diutamakan.

“Jadi untuk besok dan seterusnya tetap kami dan seluruh anggota Satpol PP di tiap kecamatan untuk selalu patroli. Selanjutnya juga untuk penertiban ini akan dilanjutkan ke wilayah Tongas hingga ke Dringu,” tutur mantan PJ Kades Bucor Wetan, Kecamatan Pakuniran ini. (*)

Baca Juga  Truk DLH Kota Probolinggo Rusak, Sampah Tak Terbuang

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Waduh, Kampanye Langgar Prokes, Cakades Bisa Didiskualifikasi

PROBOLINGGO,- Tahapan kampanye para Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 250 …