Kota Probolinggo Terapkan Physical Distancing, Jalan Suroyo Ditutup

MAYANGAN-PANTURA7.com, Physical distancing atau pembatasan jarak fisik dalam upaya pencegahan penularan virus corona, mulai diterapkan di Kota Probolinggo. Sebagai langkah awal, pihak kepolisian menutup Jalan Suroyo, pada Sabtu malam (28/3/2020).

Penutupan jalan protokol kota itu diterapkan sejak pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB. Dimulai dari pertigaan Jalan Panglima Sudirman atau depan Makodim 0820 Probolinggo, hingga pertigaan Jalan Ahmad Yani atau Alun-alun Kota Probolinggo.

“Malam ini uji coba. Bukan setiap hari, tapi di hari weekend atau akhir pekan saja. Sabtu dan Minggu,” terang Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. Ambariyadi Wijaya.

Penerapan pola ini menurut Kapolres, untuk membatasi keramaian terutam di jalan-jalan dan pusat perbelanjaan. “Kita berharap dari masyarakatnya cepat belanja cepat pulang, pakai masker dan cuci tangan,” kata dia.

Kapolres menambahkan, meski risiko kematian penyakit akibat Covid-19 rendah, namun langkah antisipatif perlu dilakukan mengingat perilaku masyarakat saat ini sulit dikendalikan. Physical distancing dinilai menjadi salah satu pilihan.

“Untuk di Indonesia dengan perilaku masyarakat dan kondisi fasilitas kesehatan, apa siap menangani jumlah pasien yang besar?” papar Kapolres.

Selain pihak kepolisian, uji coba pembatasan jarak fisik ini melibatkan TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Petugas gabungan ini berjaga-jaga di sejumlah perempatan jalan yang memotong Jalan Suroyo. Seperti Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Kolonel Sugiono.

“Kalau lockdown kasihan yang jualan. Makanya kita imbau untuk take away (beli bungkus bawa pulang). Kita tidak akan menyerah untuk tetap menghimbau dan mengingatkan masyarakat (agar tetap di rumah),” tandasnya.

Selain Kota Probolinggo, sejumlah daerah di Jawa Timur juga sudah memberlakukan physical distancing di sejumlah jalan protokol kota dan pemukiman. Diantaranya adalah Kota Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo. (*)

Baca Juga  Curanmor di 40 TKP, Ayah-anak Dibekuk Polisi

Editor : Efendi Muhammad
Editor : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …