Tiba dari Maluku, KM Nelayan Disterilkan

MAYAANGAN-PANTURA7.com, Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Himpunan Nelayan dan Pengusaha Perikanan (HNPP) Samudra Bestari Probolinggo menyemprotkan cairan disinfektan kepada seluruh awak Anak Buah Kapal (ABK) serta di ruang penumpang KM Bersama Natuna I.

Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan pada Sabtu (28/3/2020) malam ini, juga meliputi ruang penumpang, anjungan, kardek maupun di tempat lainnya yang dianggap vital. Penyemprotan dilakukan malam hari karena dinilai akan lebih maksimal dibandingkan saat siang.

Ketua HNPP Samudra Bestari, Raymon melalui Pelaksana Harian Wiwit Hariyadi mengatakan, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona.

“Penyemprotan tersebut bertujuan mencegah penyebaran virus corona masuk ke wilayah Probolinggo. Kami melakukan penyemprotan disinfektan di atas kapal yang kerap dihuni para ABK,” ujar Wiwit disela sela penyemprotan.

Selain menyemprot cairan disinfektan, kata dia, seluruh ABK kapal juga dicek suhu tubuhnya menggunakan Infra Red dan Thermo Gun saat bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan.

Wiwit menambahkan, dari hasil pemeriksaan diketahui para ABK tidak memiliki suhu di atas 38 derajat celcius. Sebelum di Probolinggo, KM Bersama Natuna I bersandar di pelabuhan Dobo Maluku dan berencana melanjutkan pelayaran kembali ke perairan tersebut.

“Jadi setiap kapal yang masuk, kami lakukan penyemprotan cairan desinfektan ini. Seluruh awak kapal juga wajib menjalani pemeriksaan tes Covid-19,” jelas dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Satpol PP Bubarkan Warga Bergerombol

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …