Angkutan Transportasi Pelajar di Kota Probolinggo Bakal Gratis

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) berencana menggratiskan angkutan pelajar, khususnya bagi sekolah yang ada dipinggiran dan tak punya akses angkutan umum. Kebijakan ini akan diterapkan mulai tahun depan, paling lambat saat memasuki tahun ajaran 2020/2021.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengungkapkan, kebijakan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah untuk menjamin anak didik dapat melaksanakan tugas belajar dengan aman dan murah.

“Kami berkomitmen ingin (angkutan pelajar) digratiskan, insyaallah tahun 2020 akan kami gratiskan. Tentunya untuk pemberlakukan di wilayah kota akan kami lakukan kajian. Sementara yang dicover sekolah di pinggiran dulu yang sudah ikut program (angkutan pelajar) sebelumnya,” kata Hadi, Jum’at (29/11).

Namun wali kota memberikan catatan, para pelajar harus berani memberikan laporan jika di dalam angkot bau rokok, sopir terlambat dan sopir tidak rapi. “Karena saya ingin betul-betul memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” tambahnya.

Ia berharap, kebijakan tersebut bisa terwujud di tingkat kota demi mewujudkan komitmen melayani masyarakat untuk mengenyam pendidikan sesuai apa yang diharapkan.

“Mudah-mudahan bisa terwujud di tingkat kota. Karena menggratiskan untuk anak-anak didik bukan semata-mata seremonial atau karena saya?,” papar politisi PKB ini.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumadi menjelaskan, kebijakan angkutan pelajar sebagai upaya mengurangi kecelakaan dan meminimalisir pelanggaran lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Data Dishub, kecelakan yang melibatkan pelajar di tahun 2018 mencapai 110, tetapi tahun 2019 menurun ke angka 52 kecelakaan. Pelanggaran lalu lintas oleh pelajar dari 1.750 tahun 2018 menjadi 865 pelanggaran di tahun 2019. Berrdasarkan angka ini, tutur Sumadi, ada penurunan angka kecelakaan.

“Terjadi penurunan yang signifikan, ini adalah indikasi keberhasilan program pemerintah demi keselamatan pengguna jalan di Kota Probolinggo,” klaim Sumadi. (*)

Baca Juga  Kendalikan Kenaikan Inflasi, Pemkot Probolinggo Buka Toko Sembako

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Pemkot Probolinggo Larang ASN Mudik Gunakan Mobil Dinas

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan mobil dinas untuk keperluan di …