PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo kembali gelar Operasi Patuh Semeru 2019, Sabtu (7/9) malam. Operasi digelar di ruas jalur pantura, tepatnya di depan alun-alun Kota Kraksaan.

Dari operasi yang digelar sekitar pukul 19.30 Wib itu, petugas menjaring ratusan pengendara motor dan mengangkut kendaraan yang tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan alias kendaraan bodong.

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Probolinggo Iptu Agus Supriyanto mengatakan, pihaknya sengaja menggelar razia tepat malam minggu lantaran banyak dijumpai gerombolan muda-mudi yang menggunakan motor modifikasi.

“Karena malam minggu banyak masyarakat, khususnya muda-mudi yang menggunakan kendaraan tidak sesuai peraturan. Malam minggu seringkali juga dijadikan kesempatan untuk balap liar,” kata Agus.

Dalam operasi tersebut, lanjut Agus, puluhan yang diterjunkan berhasil personil menilang kurang sedikitnya 107 kendaraan bermotor motor dan sebuah kendaraan roda empat, yang dinilai menyalahi peraturan lalu lintas.

“Sasaran operasi kali ini, selain kendaraan yang tidak lengkap, juga pengendara yang tidak mengenakan helm dan memakai knlapot brong. Karena itu sangat meresahkan masyarakat,” tutur Agus.

Kendaraan yang terjaring tilang, menurut Agus, langsung dibawa ke Mapolres Probolinggo diangkut menggunakan 3 truk sekaligus. Seratusan lebih pengendara yang ditilang, 69 diantaranya karena pengendara tak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Kami tilang karena pengguna jalan tidak dilengkapi SIM. Sedangkan 37 kendaraan roda dua yang ditilang karena tidak dilengkapi surat-surat kendaraan. Motor nanti bisa diambil di Mapolres dengan syarat membawa surat-surat dan aksesoris resmi motor,” ungkap dia.

Agus mengimbau, semua pengendara motor selalu membawa surat-surat kelengkapan kendaraan dan mengenakan standart keamanan berkendara. “Kami harap masyarakat lebih tertib dalam berkendara, memakai helm untuk keamanan berkendara serta sebagai antisipasi laka lantas,” imbaunya. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here