Garong 4 Ekor Sapi, Pria Wonomerto Diringkus

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Satuan Reserse dan Kriminal (Sateskrim) Polres Probolinggo meringkus Edi (30) warga Desa Wonorejo, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Ia diringkus polisi atas dugaan pencurian hewan (curwan).

Informasi yang diperoleh, Edi diringkus setelah menjadi buronan polisi pasca melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) berupa 4 ekor sapi jantan milik Hasan Haz (26) warga Desa Tempuran, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto mengatakan, pencurian dilakukan pada Senin (10/12/2018) lalu sekitar pukul 2.30 WIB di kandang sapi milik korban. Modusnya, pelaku merusak pintu kandang lalu membawa kabur sapi hasil curian.

“Ketemunya oleh korban saat ia hendak memberi makan sapinya. Sesampainya di kandang, ternyata ia mendapati empat ekor sapinya sudah tidak ada di kandang,” kata Riyanto, Sabtu (11/5/2109).

Melihat 4 ekor sapi jantan miliknya raib dari kandang dan pintu kandang terbuka, terang mantan Kasatreskrim Polres Situbondo ini, korban teriak minta tolong kepada warga sekitar dan langsung melakukan pengejaran.

“Korban dan warga mengejar ke arah selatan. Sesampainya di Desa Legundi, tepatnya di barat balai desa korban akhirnya mendapati keempat sapinya tengah dituntun pelaku dan rekan-rekannya,” terang Riyanto.

Empat ekor sapi tersebut, tambah perwira polisi asal Pasuruan ini, akhirnya terselamatkan. Sedangkan pelaku kabur sebelum akhirnya berhasil diringkus oleh petugas kepolisian 5 bulan kemudian.

“Pelaku kami tangkap setelah pulang dari pelariannya. Selanjutnya pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberantan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tutur Riyanto. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kabur dari Kasus Korupsi, Mantan Kades Tertangkap Setelah Curi Motor

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …