Jelang Yadnya Kasada, Warga Tengger Siapkan ‘Ongkek’ 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jelang Yadnya Kasada, wara Tengger di Kabupaten Probolingo mempersiapkan berbagai keperluan. Salah satunya membuat ongkek untuk larung sesaji di kawah Gunung Bromo.

Ongkek dipersembahkan oleh masing-masing penduduk desa yang desanya tidak mengalami halangan atau kepatian. Maksudnya, salah satu warga desa tidak ada yang meninggal.

Terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, mereka memotong bambu, kemudian membentuknya sedemikian rupa hingga mirip sebuah pikulan. Menariknya, di kedua sisi ujung bentuk rangkaian bambu, juga dilengkapi beberapa hasil pertanian sebagai bentuk syukur Suku Tengger.

Warga menyebut bentuk rangkaian itu ‘ongkek’, yang merupakan tempat beragam sesaji berupa hasil bumi dalam sebuah ritual persembahan ke kawah Gunung Bromo.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Jetak, Kermat, Rabu (17/7). Ongkek sengaja dibuat khusus untuk menjelang perayaan Yadnya Kasada. Upacara Yadnya Kasada sendiri pada kali ini dilaksanakan pada Rabu malam – Kamis dini hari nanti.

“Ongkek berupa kumpulan sesaji yang terdiri dari aneka hasil bumi. Mulai dari pisang, kelapa, bunga kenikir, bunga manggar, edelweis atau tanalayu dan sayur mayur,” ucapnya.

Lanjut Kermat, pemberangkatan ongkek sesaji biasanya berbondong-bondong dilakukan pada pukul 22.00-01.00 WIB dini hari, dengan diringi rapalan-rapalan mantra oleh sejumlah dukun di sekitar kawah Bromo.

Setiap desa yang ada di kawasan Gunung Bromo wajib membuat dua ongkek untuk dilabuh. Menariknya ongkek harus dibuat oleh para orang tua yang pada waktu itu tidak memiliki halangan atau sandungan.

Melalui Ongkek tersebut, warga Suku Tengger berdoa akan selalu diberi keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran dengan hasil bumi yang melimpah. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Jelang Berangkat, Empat CJH Asal Probolinggo Wafat

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …