Warga Dusun Lawang Kedaton Kini Tak Terisolir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga yang bermukim di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, bisa sedikit lega. Sebab, mereka kini bisa kembali berinteraksi dengan masyarakat luar pasca terisolasi selama 3 hari.

Sebelumnya, sekitar 1.000 kepala keluarga (KK) di Dusun Lawang Kedaton terkurung akibat jembatan penyerberangan yang menghubungkan dusun itu dengan dusun dibawahnya, yakni Dusun Kedaton, ambrol usai disapu banjir bandang.

Namun kini, jembatan penyeberangan telah membentang kembali, meski sifatnya jembatan sementara. Warga bersama relawan dan TNI-Polri, membangun jembatan pengganti dari bambu sepanjang kurang lebih 30 meter dengan lebar 2 meter.

“Kita gotong royong membuat jembatan, kalau tidak dibuat, tidak bisa jalan (nyeberang, red) warga yang diatas itu. Yang diatas, itu dusun lawang kedaton dengan jumlah KK sekitar seribuan,” kata perangkat Desa Andung Biru, Kholik, Kamis (13/12/2018).

Jembatan darurat dibangun tepat diatas bekas jembatan beton yang telah ambruk. Dengan jembatan darurat ini, akses transportasi warga Dusun Lawang Kedaton hingga ke daerah lain atau ke Kantor Kecamatan Tiris, kembali tersambung.

“Jembatan ini hanya sementara saja, mmudah-mudahan jembatan permanen bisa segera dibangun kembali disini,” harap Kholik menyudahi pembicaraan.

Sementara, Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari mengaku telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo membuat jembatan darurat di titik-titik jembatan yang telah rusak.

“Yang penting warga terdampak, terutama yang terisolir bisa beraktifitas normal kembali,” ucap Tantri.

Diketahui, banjir bandang dan tanah longsor menerjang 4 desa di Kecamatan Tiris, Senin (10/12/2018) malam lalu. Banjir ini menyebabkan 63 rumah dan bangunan rusak, 7 jembatan putus, jalan desa tertimbun longsor dan 2 orang meninggal dunia. (*)

Baca Juga  Nataru, Pemkot Probolinggo Batasi Pengunjung Mal dan Wisatawan

 

 

Penulis : Muhammad Rochim

Editor : Muhammad Efendi

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …