Jelang Ramadhan, Bawang Merah-Putih ‘Kompak’ Naik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mendekati bulan Ramadhan bawang merah dan bawang putih “kompak” naik. Bawang putih naik lebih dulu disusul bawang merah juga ikut melambung.

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com pada Jumat (3/5/2019) di Pasar Baru Kota Peobolinggo, kedua jenis bawang itu naik. Bawang putih saat ini masih betengger seharga Rp 50-60 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya pernah digelar operasi pasar hingga turun sampai Rp 25-30 ribu per kilogram. Namun minimnya stok, bawang putih kembali melonjak tajam.

Sementara bawang merah yang sebelumnya berkisar Rp 25 ribuan, kini sudah diatas Rp 35 ribu. Akibat “ganti harga” ini membuat kelimpungan para pembeli sekaligus pedagang.

“Ikut naik harga bawang merah, naik 10 ribu jadi 35 ribu per kilogram. Mungkin karena mendekati bulan puasa,” kata Rachmawati (35), pedagang asal Kelurahan Jrebeng Wetan.

Atas naiknya harga bawang merah ia mengaku, tak bisa berbuat banyak. Meski tetap ada yang beli, kuantitas bawang merah yang terjual tak seperti sebelumnya. Biasanya sehari bisa 3-5 kilogram yang terjual, kini hanya 1-2 kilogram yang terjual.

“Saya sendiri tidak tahu kenapa ikut naik, kami hanya berharap harga bisa stabil. Pedagang tidak enak, pembeli juga kasihan kalau naik terus,” tuturnya.

Salah satu pembeli bawang putih dan bawang merah, Fitriana (34) mengaku, harus mengurangi belanja bawangnya . Hal ini karena harga yang kian terus naik.

“Memang naik terus apalagi sebentar lagi Ramadhan. Mau tidak mau kita tetap beli, tapi yang dikurangi untuk kebutuhan yang lain,” singkatnya.

Ia pun berharap, meski menjelang Ramadhan lonjakan harga bumbu khususnya bawang merah dan bawang putih bisa terkontrol. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Baca Juga  10 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …