ISTIMEWA: Bupati Lumajang saat meresmikan pemberhentian Kereta Api di Stasiun Klakah. (foto: Asmadi)

Kado Kemerdekaan, KA Pandalungan dan Blambangan Ekspres Kini Berhenti di Stasiun Klakah Lumajang

Lumajang,- Warga Lumajang yang sering menggunakan transportasi Kereta Api (KA) layak berbahagia. Warga Lumajang kini bisa naik kereta tujuan Jakarta, dari Stasiun Klakah Kabupaten Lumajang.

Hal itu terjadi setelah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah pemberhentian di Stasiun KA Klakah, Kamis (17/8/2023) kemarin. Kebijakan ini bak kado istimewa di moment Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

Direktur Operasi PT Kereta Api Persero, Awan Hermawan Purwadinata mengatakan, penambahan pemberhentian KA ini merupakan aspirasi dari Bupati Lumajang. Ia meminta agar KA Pendalungan relasi dari Jember – Jakarta, bisa berhenti di Stasiun Klakah Lumajang.

“Begitupun Blambangan ekspres, dari Banyuwangi sampai Semarang. Jadi untuk warga Lumajang tidak perlu transit lagi, apabila mau ke Semarang maupun ke Jakarta dari Jember dan Banyuwangi,” kata Awan, Kamis (17/8/23).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, hari ini adalah kado istimewa bagi Kabupaten Lumajang, karena PT KAI menyetujui permohonan Pemkab Lumajang agar KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres berhenti di Stasiun Klakah.

Sebab, kata Thoriq, Stasiun Klakah adalah satu-satunya Stasiun di Kabupaten Lumajang yang dimungkinkan untuk menjadi tempat pemberhentian kereta api. Thoriq juga telah menghubungi Bupati Jember untuk berpamitan agar KA bisa berhenti di Stasiun Klalah Lumajang.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati Jember, karena sudah menyetujui rute Jember dan Gambir ini bisa berhenti sejenak di Stasiun Klakah Lumajang,” ujarnya.

Thoriq berharap, dengan transitnya KA di Stasiun Klakah Lumajang, bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat, khususnya warga kota pisang.

“Tentu dengan kemudahan akses transportasi, harapannya akan ada banyak yang tumbuh di Lumajang, seperti misalnya, ekonomi, akses jasa atau sektor jasa agar bisa lebih tumbuh lagi kedepannya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Layani Pengunjung Loemadjang Mbiyen, Pemkab Lumajang Sediakan Angkutan Gratis

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Harga Bawang Merah Tinggi, Pemkab Probolinggo Curigai Ada Monopoli

Probolinggo,- Naiknya harga bawang merah di Probolinggo tidak hanya karena faktor petani gagal panen, namun …